Kenali Penyebab Mengantuk Setelah Buka Puasa dan Cara Menghindarinya

Rabu, 13 Maret 2024 | 14:14 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Kenali Penyebab Mengantuk Setelah Buka Puasa dan Cara Menghindarinya

ILUSTRASI. Ilustrasi mengantuk setelah buka puasa


Penyebab Mengantuk Setelah Buka Puasa - JAKARTA. Pahami penyebab mengantuk setelah buka puasa yang menjadi tanda gangguan kesehatan.

Secara umum, merasa mengantuk setelah makan adalah hal yang sepenuhnya normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Menurut para ahli, apa yang terjadi pada tubuh setelah berbuka puasa termasuk perasaan rileks dan malas. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan usus akan sejumlah besar darah untuk membantu proses pencernaan.

Melansir Medical News Today, perasaan lelah disebabkan oleh pelepasan lebih banyak serotonin setelah makan, senyawa kimia yang berperan dalam mengatur tidur dan membuat Anda merasa mengantuk.

Asam amino triptofan, yang terdapat dalam banyak makanan kaya protein, membantu menghasilkan serotonin, dan karbohidrat juga membantu tubuh menyerap triptofan.

Baca Juga: Punya Sakit Maag? Ini 6 Menu Makanan Buka Puasa Agar Tidak Kambuh

Kurma jadi salah satu menu buka puasa

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang kaya protein dan karbohidrat dapat membuat seseorang merasa mengantuk.

Dalam beberapa kasus, mengantuk setelah buka puasa dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan lain seperti diabetes, alergi terhadap beberapa komponen makanan, anemia, atau masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga: Penderita 10 Penyakit ini Dilarang Minum Kopi

Cara mengindari kantuk setelah buka puasa

Untuk menghindari rasa kantuk setelah sarapan dan meningkatkan energi serta vitalitas dalam tubuh, ada beberapa tips dilansir dari laman Arabia Weather.

1. Hindari Gula Berlebih

Hindari atau kurangi konsumsi gula berlebih yang meningkatkan kadar insulin dalam darah, seperti minuman buah dan makanan yang tinggi karbohidrat sederhana seperti nasi, pasta, tepung putih, kue, dan gula putih.

2. Konsumsi makanan sederhana

Membuka puasa dengan cara sehat dapat membantu mengurangi rasa kantuk, seperti mengonsumsi kurma dan minum segelas air, kemudian melakukan shalat Maghrib, dan melanjutkan makan dengan memulai dengan sup, karena kurma memberikan energi yang diperlukan oleh tubuh dan mendukung penyerapan makanan.

3. Pilih makanan bernutrisi

Fokus makanan pada keseimbangan antara karbohidrat, protein, dan pati, serta makan sejumlah salad yang mencukupi pada awal berbuka untuk menggantikan vitamin dan mineral, sambil mengurangi asupan karbohidrat dan pati.

4. Tunda makan berat

Anda bisa menunda makanan berat seperti nasi hingga selama satu atau dua jam setelah berbuka puasa. Ini juga berkaitan dengan respon tubuh terhadap gula atau insulin yang menyebabkan rasa kantuk.

Itulah informasi terkait penyebab mengantuk setelah buka puasa yang dapat mengganggu ibadah lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru