​Kenapa Sekarang Cuaca Sangat Panas? Ini Penyebabnya Menurut BMKG

Jumat, 13 Mei 2022 | 13:35 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Kenapa Sekarang Cuaca Sangat Panas? Ini Penyebabnya Menurut BMKG

ILUSTRASI. Kenapa sekarang cuaca sangat panas. KONTAN/Carolus Agus Waluyo.


BMKG - Cuaca panas melanda sebagian besar wilayah Indonesia beberapa hari ini. Lantas, kenapa sekarang cuaca sangat panas? 

Cuaca panas membuat suhu terasa lebih gerah dari biasanya, sehingga banyak masyarakat enggan beraktivitas di luar ruangan. 

Kenapa sekarang cuaca sangat panas? 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, cuaca panas dipicu oleh posisi semu Matahari saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator yang mengindikasikan sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau. 

Sehingga, tingkat pertumbuhan awan dan fenomena hujannya akan sangat berkurang. Hal ini membuat cuaca cerah pada pagi menjelang siang hari akan cukup mendominasi.

Baca Juga: Bumi Semakin Panas 0,9 Derajat, Apa Dampaknya Terhadap Kesehatan?

Dikutip dari akun Instagram resmi BMKG, dominasi cuaca yang cerah dan tingkat perawanan yang rendah tersebut dapat mengoptimumkan penerimaan sinar Matahari di permukaan Bumi, sehingga menyebabkan kondisi suhu yang dirasakan oleh masyarakat menjadi cukup terik pada siang hari.

BMKG juga menegaskan, suhu panas terik yang terjadi di wilayah Indonesia bukan fenomena gelombang panas. 

Menurut WMO (World Meteorological Organization), gelombang panas atau dikenal dengan heatwave merupakan fenomena kondisi udara panas yang berkepanjangan selama 5 hari atau lebih secara berturut-turut, di mana suhu maksimum harian lebih tinggi dari suhu maksimum rata-rata hingga 5°C atau lebih. 

Fenomena gelombang panas ini biasanya terjadi di wilayah lintang menengah-tinggi, seperti Eropa dan Amerika, yang dipicu oleh kondisi dinamika atmosfer di lintang menengah. 

Sedangkan yang terjadi di wilayah Indonesia adalah fenomena kondisi suhu panas/terik dalam skala variabilitas harian.

Baca Juga: BMKG: Bukan Gelombang Panas, Cuaca Terik Bisa Terjadi hingga Pertengahan Mei

Sampai kapan cuaca panasa akan berlangsung?

Mneurut BMKG, kewaspadaan kondisi suhu panas/terik pada siang hari masih harus diwaspadai hingga pertengahan Mei.

Dengan kondisi tersebut, BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kondisi stamina tubuh dan kecukupan cairan tubuh terutama bagi warga yang beraktifitas di luar ruangan pada siang hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru