CLOSE [X]

Ketahui Perbedaan Mobile Banking dan Internet Banking, Apa Saja?

Rabu, 15 Mei 2024 | 10:42 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ketahui Perbedaan Mobile Banking dan Internet Banking, Apa Saja?

ILUSTRASI. Penggunaan aplikasi perbankan digital.


BANK - JAKARTA. Simak perbedaan mobile banking dan internet banking pada layanan perbankan. Setiap layanan perbankan memiliki keuntungan dan peruntukan yang berbeda.

Fitur yang mulai gencar dikampanyekan oleh perbankan adalah layanan jarak jauh seperti Mobile dan Internet Banking.

Melansir dari Sikapi Uangmu OJK, Internet Banking adalah layanan yang tersedia bagi nasabah bank untuk melakukan transaksi perbankan melalui internet di mana saja dan kapan saja.

Sedangkan Mobile Banking, atau yang biasa disebut m-Banking, adalah bentuk transaksi perbankan yang dilakukan melalui perangkat HP, baik melalui aplikasi khusus m-Banking maupun aplikasi yang disediakan oleh operator seluler.

Baca Juga: BNI Perkirakan Simpanan di Atas Rp 5 Miliar Berpotensi Tumbuh Agresif

Layanan yang disediakan

Pembukaan Smart Branch sebagai Transformasi Digital Bank Mandiri

Ada beberapa fitur yang memungkinkan dari layanan mobile dan internet banking

  • Contoh transaksi non finansial: info saldo, info mutasi rekening, dan lain-lain.
  • Contoh transaksi finansial: transfer antar rekening/ antar bank, pembayaran tagihan, telepon/ listrik, pembelian pulsa, dan lain-lain. 

Keuntungan dari penggunaan Internet Banking dan Mobile Banking adalah sebagai berikut:

  • Praktis, karena tidak memerlukan membawa uang tunai dan dilengkapi dengan sistem keamanan berupa PIN atau kode rahasia.
  • Memudahkan dalam melakukan transaksi non-finansial dan finansial tanpa perlu datang ke cabang bank, melainkan cukup menggunakan perangkat seluler atau perangkat elektronik lain yang terhubung dengan internet.

Perbedaan Mobile dan Internet Banking

Mobile banking dan internet banking adalah dua cara yang berbeda untuk melakukan transaksi perbankan elektronik:

Mobile Banking

Berikut ini fitur layanan mobile banking.

  • Umumnya, mobile banking dilakukan melalui aplikasi resmi yang disediakan oleh bank untuk diakses dengan aplikasi.
  • Keamanan berbasis PIN, OTP, hingga Password khusus yang terhubung ke nomor HP dan email.
  • Nasabah dapat melakukan berbagai transaksi, termasuk transfer dana, pembayaran tagihan, cek saldo, pembelian pulsa, dan lainnya, langsung dari perangkat seluler.
  • Mobile banking memanfaatkan koneksi seluler atau Wi-Fi untuk mengakses layanan perbankan, membuatnya sangat praktis dan mudah diakses di mana pun nasabah berada.

Baca Juga: Cara Buka Blokir BRImo Terbaru Karena Salah Password Tanpa Perlu ke Bank

Internet Banking

Sementara itu, ada beberapa penjelasan fitur layanan internet banking.

  • Nasabah mengakses layanan internet banking melalui situs web resmi bank, di mana perlu masuk dengan menggunakan nama pengguna dan kata sandi atau kode keamanan lainnya.
  • Layanan internet banking mencakup berbagai fungsi, seperti transfer dana, pembayaran tagihan, pembelian produk keuangan, pengecekan transaksi, dan lainnya.
  • Internet banking umumnya memerlukan koneksi internet yang stabil dan aman untuk mengakses layanan, dan dapat diakses melalui berbagai perangkat seperti komputer desktop, laptop, atau tablet.
  • Beberapa bank memberikan keamanan ekstra seperti KeyPIN eksternal untuk bertransaksi.

Tips bertranskasi

Berikut adalah beberapa langkah untuk menjaga keamanan saat menggunakan internet banking atau m-Banking dari OJK.

  • Buat kode akses dan PIN yang sulit ditebak oleh orang lain, hindari menggunakan tanggal lahir atau angka berurutan.
  • Jaga kerahasiaan PIN saat melakukan transaksi, dan ingatlah bahwa bank tidak akan pernah meminta informasi pribadi seperti kode akses, PIN, atau password.
  • Apabila ada hal yang mencurigakan saat menggunakan internet banking, segera hubungi bank dan laporkan kecurigaan Anda.
  • Saat Anda menemukan transaksi yang mencurigakan, segera hubungi contact center bank Anda dan simpan nomor kontak tersebut dengan baik.
  • Lindungi komputer dengan perangkat lunak antivirus, filter spyware, filter email, dan program firewall.
  • Perhatikan alamat situs internet banking, pastikan alamatnya benar, dan hindari mengklik alamat yang memiliki ejaan yang berbeda meskipun terlihat mirip dengan alamat asli.
  • Terakhir, hindari memakai jaringan internet gratis untuk melakukan transaksi melalui internet banking atau mobile banking.

Demikian penjelasan terkait perbedaan mobile banking dan internet banking yang dapat berbeda setiap produk perbankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru