Khasiat Daun Mint Dalam Kesehatan, Atasi Gangguan Pencernaan, Mengurangi Nyeri

Jumat, 14 April 2023 | 20:00 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Khasiat Daun Mint Dalam Kesehatan, Atasi Gangguan Pencernaan, Mengurangi Nyeri


KESEHATAN - Mint adalah tumbuhan yang dikenal memiliki efek sensasi dingin. Biasanya, bagian daun mint yang banyak dimanfaatkan untuk campuran teh atau minuman. Ternyata, manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh digunakan sebagai obat tradisional berbagai macam penyakit. Selain itu, juga ada banyak khasiat daun mint. 

Awalnya, mint adalah tanaman yang banyak dibudidayakan di Eropa. Namun, kini sudah banyak menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. 

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata dengan Bahan Alami, Gampang Lo

Kegunaan daun mint biasanya dikeringkan sebagai bumbu masakan ataupun dijadikan minyak esensial.

Namun, penelitian menunjukkan, beberapa manfaat daun mint juga didapat dari mengoleskannya ke kulit, menghirup aromanya, atau meminumnya sebagai kapsul.

Lalu, apa saja manfaat daun mint untuk kesehatan? 

Baca Juga: Infused Water Ini Efektif Membakar Lemak Perut dengan Cepat

Kandungan nutrisi daun mint 

Manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh digunakan sebagai obat tradisional berbagai macam penyakit.

Kandungan nutrisi daun mint berukuran 14 gram diantaranya adalah: 

  • Kalori: 6
  • Serat: 1 gram
  • Vitamin A: 12% dari kebutuhan harian (RDI)
  • Besi: 9% dari RDI
  • Mangan: 8% dari RDI
  • Folat: 4% dari RDI

Baca Juga: Tidak Ingin Asam Lambung Kumat? Jauhi 8 Makanan & Minuman Ini

Kegunaan daun mint adalah sebagai sumber vitamin A yang sangat baik, vitamin yang larut dalam lemak yang sangat penting untuk kesehatan mata dan penglihatan malam.

Manfaat daun mint juga sebagai sumber antioksidan yang kuat, terutama jika dibandingkan dengan bumbu dan rempah lainnya.

Antioksidan membantu melindungi tubuh Anda dari stres oksidatif, sejenis kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Baca Juga: 3 Resep Minuman Semangka Super Menyegarkan untuk Menu Takjil Buka Puasa

Manfaat daun mint untuk kesehatan

Manfaat daun mint berikutnya yakni dapat memperbaiki iritasi usus.

Berikut ini sederet khasiat daun mint sebagaimana dilansir dari Healthline:

1. Melegakan hidung tersumbat 

Manfaat daun mint yang pertama yakni dapat membantu melegakan hidung tersumbat. Daun mint memiliki efek antivirus, antibakteri, dan antiperadangan yang dapat melawan virus penyebab flu dan hidung tersumbat. 

Selain itu, sensasi menthol menyegarkan dalam daun mint juga dapat melegakan pernapasan. 

Baca Juga: 7 Manfaat Jus Jambu untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

2. Dapat memperbaiki iritasi usus

Manfaat daun mint berikutnya yakni dapat memperbaiki iritasi usus. Sindrom iritasi usus besar (IBS) adalah gangguan saluran pencernaan yang umum. 

Ini ditandai dengan gejala sakit perut, gas, kembung, dan perubahan kebiasaan buang air besar. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak peppermint sebagai obat herbal juga dapat membantu meredakan gejalanya.

Minyak peppermint mengandung senyawa yang disebut mentol, yang diduga membantu meringankan gejala IBS melalui efek relaksasi pada otot saluran pencernaan.

Baca Juga: Punya Bau Mulut Tidak Sedap? Hilangkan dengan 5 Tanaman Herbal Ini

3. Meredakan gangguan pencernaan

Khasiat daun mint juga efektif untuk meredakan masalah pencernaan lainnya seperti sakit perut dan gangguan pencernaan.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa makanan melewati perut lebih cepat saat orang mengonsumsi minyak peppermint saat makan. Hal ini dapat meredakan gejala gangguan pencernaan jenis ini.

Baca Juga: Bisa Tingkatkan Imun, 7 Manfaat Jus Jambu untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

4. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat daun mint juga bisa membantu meningkatkan fungsi otak. Menghirup aroma minyak daun mint dapat memberikan manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan fungsi otak.

Satu studi yang melibatkan 144 orang dewasa muda menunjukkan bahwa mencium aroma minyak peppermint selama lima menit sebelum pengujian menghasilkan peningkatan memori yang signifikan.

Baca Juga: Soda Kue & Cuka Sari Apel Bisa Jadi Obat Gatal Alami, Sudah Tahu?

Studi lain menemukan bahwa mencium minyak ini saat mengemudi meningkatkan kewaspadaan dan menurunkan tingkat frustrasi, kecemasan, dan kelelahan.

Namun, tidak semua penelitian setuju bahwa minyak peppermint dapat bermanfaat bagi fungsi otak.

Satu studi menemukan bahwa meskipun aroma minyaknya menyegarkan dan mengurangi kelelahan, namun tidak berpengaruh pada fungsi otak.

Baca Juga: 6 Manfaat Minum Spearmint Tea, Bisa Bantu Atasi PCOS pada Perempuan Lo

5. Mengurangi nyeri menyusui

Manfaat daun mint juga bisa membantu mengurangi nyeri saat menyusui. Ibu menyusui terkadang mengalami puting lecet dan pecah-pecah, yang dapat membuat proses menyusui terasa sakit dan sulit.

Studi menunjukkan bahwa mengoleskan daun mint ke kulit dapat membantu menghilangkan rasa sakit yang terkait dengan menyusui.

Dalam studi ini, ibu menyusui menempelkan daun mint ke area sekitar puting setelah menyusui. Biasanya, mereka juga menggunakan minyak esensial mint tersendiri atau dicampur dengan air.

Baca Juga: 3 Cara Memasak Daging Kambing Agar Tidak Berbau Menyengat Saat Dikonsumsi

6. Memperbaiki gejala pilek

Manfaat daun mint untuk kesehatan sudah lama digunakan sebagai pengobatan batuk dan pilek. Banyak obat pilek dan flu yang dijual bebas mengandung mentol, senyawa utama dalam minyak peppermint.

Banyak orang percaya mentol adalah dekongestan hidung yang efektif yang dapat menghilangkan hidung tersumbat dan meningkatkan aliran udara dan pernapasan.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Tubuh Tetap Wangi Tanpa Parfum, Mulai dengan Pola Makan Sehat

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mentol tidak memiliki fungsi dekongestan. Meski begitu, juga terdapat studi bahwa mentol secara subyektif dapat meningkatkan pernapasan hidung.

Artinya, meskipun mentol tidak berfungsi sebagai dekongestan, mentol dapat membuat orang merasa lebih mudah bernapas melalui hidung.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Semut di Kamar Dengan 4 Bahan Ini

7. Menyamarkan bau mulut

Manfaat daun mint juga bisa menyegarkan pernapasan dan menyamarkan bau mulut. Minum teh peppermint dan mengunyah daun mint segar mungkin dapat menutupi bau mulut dan membunuh bakteri.

Itulah sederet manfaat daun mint untuk kesehatan yang sudah terbukti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru