Khasiat taoge untuk kesehatan, cegah kanker hingga baik untuk jantung

Sabtu, 08 Mei 2021 | 03:30 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Khasiat taoge untuk kesehatan, cegah kanker hingga baik untuk jantung

KONTAN.CO.ID - Kecambah atau biasa dikenal dengan taoge memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kenali khasiat taoge agar Anda semakin rajin mengkonsumsinya.

Taoge juga menjadi salah satu makanan bernutrisi yang mudah dicerna. Taoge sendiri sebenarnya berasal dari kecambah kacang hijau.

Lantas, apa saja manfaat taoge untuk kesehatan? Simak penjelasannya berikut seperti dikutip dari Webmd.

1. Menstabilkan tekanan darah

Manfaat taoge untuk kesehatan yakni dapat membantu mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi atau yang biasa dikenal sebagai hipertensi.

Hal ini karena taoge mengandung bahan penyusun protein yang disebut peptida. Peptida diproduksi dengan konsentrasi tinggi saat biji berkecambah.

2. Pencegahan kanker

Protein dan peptida dalam taoge juga dapat membantu mengurangi risiko kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa nutrisi ini dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker, termasuk yang terkait dengan kanker payudara, leukemia, dan kanker dalam sistem pencernaan.

Baca Juga: Sederet manfaat kacang panjang untuk kesehatan

3. Kesehatan pencernaan

Manfaat taoge adalah sebagai sumber serat makanan yang tidak larut, yang membantu pencernaan. Serat sendiri sangat baik untuk bakteri baik yang hidup di dalam usus.

Serat membantu membersihkan usus besar. Di mana serat bekerja seperti sikat di dalam sistem pencernaan. Memiliki cukup serat tidak larut dalam makanan sangat penting untuk mencegah sembelit.

4. Kesehatan mata

Taoge memiliki tingkat antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu melindungi mata sehingga bisa tetap sehat, termasuk dari degenerasi fungsi mata karena terkait usia (AMD).

AMD adalah penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa di atas usia 55 tahun. Antioksidan dapat membantu mengurangi risiko pengembangan AMD.

Taoge juga tinggi vitamin C, yang dapat membantu mencegah katarak. Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin C tingkat tinggi selama 10 tahun atau lebih memiliki risiko yang lebih rendah terhadap kemungkinan operasi katarak.

5. Kesehatan jantung

Manfaat taoge dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan dengan menyeimbangkan kolesterol. Studi menunjukkan bahwa kecambah dapat membantu mengurangi kolesterol jahat atau LDL.

LDL adalah penyebab dari penumpukan plak penyumbatan arteri. Taoge juga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik, yang membantu membersihkan timbunan lemak dari darah.

Bukti juga menunjukkan bahwa kecambah dapat menurunkan lemak darah lain yang disebut trigliserida. Trigliserida dapat menyebabkan penyakit jantung jika menumpuk dalam konsentrasi yang cukup tinggi.

Selanjutnya: Penyebab dan pencegahan kanker mulut ini perlu Anda ketahui

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru