Konsumsi 4 makanan untuk penderita asam lambung ini, yuk

Rabu, 28 April 2021 | 07:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Konsumsi 4 makanan untuk penderita asam lambung ini, yuk

ILUSTRASI. Oatmeal termasuk salah satu makanan untuk penderita asam lambung.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak faktor yang menyebabkan asam lambung tidak terkontrol. Akibatnya, kesehatan dan aktivitas yang sedang Anda jalani terganggu. Untuk menghindari kondisi yang lebih parah, ada banyak makanan untuk penderita asam lambung yang bisa Anda coba.

Umumnya, asam lambung ditandai dengan munculnya heartburn atau sensasi terbakar di sekitar dada, kerongkongan, hingga mulut. Selain itu, Anda masih bisa mengalami gejala yang lain. Mulai dari sendawa, batuk kering, perut kembung, dan kesulitan untuk menelan.

Healthline (healthline.com) menyebutkan bahwa Anda perlu memerhatikan makanan apa yang Anda konsumsi. Memerhatikan waktu makan juga penting dilakukan supaya asam lambung tetap terkontrol. Tidak hanya itu, cobalah untuk mengatasi asam lambung dengan makanan-makanan ini.

Oatmeal

Tahukah Anda bahwa oatmeal bisa meredakan masalah asam lambung? Oatmeal dipenuhi dengan serat sehingga cocok digunakan untuk mengobati asam lambung. Selain oatmeal, Anda bisa memilih makanan yang terbuat dari biji utuh lainnya, misalnya dalam bentuk nasi atau roti.

Baca Juga: Awas, tidur setelah makan sahur bisa menimbulkan dampak negatif bagi pencernaan

Putih Telur

Putih telur termasuk makanan untuk penderita asam lambung yang bisa Anda jadikan pilihan. Usahakan untuk tidak mengonsumsi kuning telur, ya. Kuning telur mengandung banyak lemak yang justru memperparah kondisi asam lambung.

Sayur

Healthline menyebutkan bahwa sayur memiliki kandungan lemak dan gula yang rendah. Hal itu cukup baik untuk kondisi asam lambung Anda. Ada banyak jenis sayur yang bisa Anda pilih. Mulai dari brokoli, kembang kol, asparagus, atau sayuran hijau yang lain.

Anda bisa mengkombinasikan beberapa jenis sayur secara bersamaan. Namun, pastikan untuk mengolahnya dengan cara yang sehat, ya. Misalnya, hindari mencampur sayur dengan cabai atau bahan makanan lain yang terasa pedas karena bisa memperburuk kondisi asam lambung.

Baca Juga: Asam lambung sering kambuh? Baking soda bisa meredakan asam lambung

Jahe

Jahe termasuk salah satu makanan untuk penderita asam lambung.

Selain beberapa makanan untuk penderita asam lambung di atas, jahe juga bisa Anda jadikan pilihan supaya masalah asam lambung mereda. Jenis rempah itu dipenuhi dengan antiinflamasi sehingga heartburn dan gejala asam lambung lain bisa hilang.

Cobalah untuk mencampur jahe dengan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Selain itu, rutin minum air rebusan jahe juga bisa dijadikan pilihan. Meski asam lambung bisa diatasi dengan makanan-makanan itu, tapi jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter jika masalah kesehatan Anda lebih terganggu.

Selanjutnya: Waspada! Ini 4 hal yang bisa memicu naiknya asam lambung

Editor: Belladina Biananda
Terbaru