Lulusan baru perlu kuasai 8 skill ini biar tidak lama menganggur

Minggu, 28 Februari 2021 | 13:15 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Lulusan baru perlu kuasai 8 skill ini biar tidak lama menganggur


MENCARI KERJA - Karyawan diharapkan memiliki skill yang sesuai dan dibutuhkan di dunia kerja sekarang. Mengingat banyak hal berubah akibat pandemi Covid-19, calon pekerja juga perlu menyesuaikan keadaan. 

Lulusan baru atau yang sudah berpengalaman perlu mengikuti perkembangan kemampuan yang sedang banyak dibutuhkan di dunia kerja. 

Tidak hanya hard skill, soft skill juga perlu dikuasai agar mudah mendapatkan pekerjaan di tengah persaingan yang ketat saat ini.

Sebanyak 10 profesional dari Dewan Sumber Daya Manusia Forbes memberikan daftar skill yang paling banyak dicari oleh para HRD perusahaan. 

Kemampuan yang dibutuhkan tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan tahun 2021, terutama yang menggunakan sistem work form home atau WFH. 

Baca Juga: ​Kuota Prakerja 2,7 juta orang, segini insentif yang bisa peserta dapatkan

Berikut daftar 10 skill yang banyak dibutuhkan perusahaan 2021, merangkum dari situs Forbes:

  • Keinginan untuk terus belajar

Teknologi yang terus berkembang memaksa manusia untuk terus belajar. Hal ini diperlukan agar mereka bisa beradaptasi dengan hal-hal yang baru. 

Contohnya saja di dunia pendidikan. Para guru sekarang dituntut untuk bisa memanfaatkan teknologi selama pandemi berlangsung. 

Sama halnya dengan karyawan di berbagai institusi. Agar tetap eksis, mereka perlu menanamkan kemampuan untuk terus belajar hal baru. 

Tanpa soft skill ini, karyawan akan kesulitan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang terus berkembang. 

Baca Juga: BUMN Telkom kembali buka lowongan kerja, berbagai posisi dibuka untuk fresh graduate

  • Berpikir kritis

Setiap perusahaan akan menghadapi tantangan-tantangan yang baru. Karenanya, karyawan diharapkan mampu berpikir secara kritis untuk mengembangkan inovasi. 

Tanpa inovasi, sebuah perusahaan bisa gulung tikar akibat tersaingi perusahaan lain yang lebih inovatif. 

  • Growth Mindset 

Secara harfiah, growth mindset berarti pola pikir yang berkembang. Dominique Farnan, HRD dari DotConnect melalui Forbes, mengatakan karyawan yang memiliki soft skill ini akan sangat dibutuhkan di perusahaan sekarang. 

Banyak hal berubah seiring berjalannya waktu. Dengan growth mindset, seseorang akan siap untuk belajar hal baru dan lebih fleksibel.

Karyawan yang memiliki fixed mindset atau pola pikir yang sudah paten, cenderung sulit untuk berkembang dan menerima pengetahuan baru. 

Baca Juga: Lulusan baru, ada banyak lowongan kerja 2021 di BUMN Kimia Farma

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru