Makanan ini bisa tingkatkan risiko Covid-19, waspada!

Jumat, 03 September 2021 | 19:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Makanan ini bisa tingkatkan risiko Covid-19, waspada!


KONTAN.CO.ID - Cara mencegah virus corona ada banyak. Mulai menerapkan protokol kesehatan secara disiplin hingga jangan ragu untuk melakukan vaksinasi. Namun, tahukah Anda bahwa mengatur makanan yang Anda konsumsi juga bisa jadi pencegahan Covid-19?

Mengonsumsi makanan bergizi bisa membantu tubuh supaya lebih kuat terhadap paparan virus corona. Saat terinfeksi Covid-19 pun, gejala yang Anda alami bisa lebih ringan. Durasi proses penyembuhan pun lebih cepat saat Anda rutin mengonsumsi makanan bergizi.

Supaya efek nutrisi yang Anda konsumsi dapat optimal, jangan lupa untuk minum banyak air putih, ya. Meningkatkan kualitas waktu istirahat di malam hari juga bisa Anda lakukan supaya kesehatan tubuh terjaga.

Melansir E Times, beberapa jenis makanan yang berguna untuk meringankan gejala Covid-19 adalah ASI, kopi, dan kale. Hasil tersebut dikatakan oleh peneliti asal Northwestern University in Chicago.

Baca Juga: Indonesia kembali mendatangkan 583.400 dosis vaksin Astrazeneca

Baca Juga: Hindari tempat ini sebagai cara mencegah Virus Corona

Di sisi lain, beberapa jenis makanan justru bisa memperparah risiko infeksi virus corona, yakni daging olahan. Bahkan, hasil penelitian menunjukkan, risiko Covid-19 meningkat sebanyak 10% meski Anda hanya mengonsumsi ½ porsi daging olahan, seperti di hotdog, setiap hari.

Mengutip dari E Times, terbiasa mengonsumsi daging olahan juga bisa membuat berat badan dan risiko penyakit jantung meningkat. Terlebih jika daging olahan diolah dengan cara yang tidak sehat. Nah, hal itulah yang membuat inflamasi akibat virus corona semakin bertambah parah.

Artinya, Anda perlu memerhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi beserta cara mengolahnya. Agar nutrisi yang terkandung dalam makanan bergizi tak hilang, cobalah untuk mengukus atau merebusnya.

Dengan begitu, kebutuhan tubuh akan nutrisi bisa tetap terjaga. Selain itu, jangan lupa untuk rajin olahraga, ya. Saat Anda menerapkan pola hidup sehat tersebut, tubuh menjadi lebih kuat untuk melawan infeksi Covid-19.

Selanjutnya: Catat, risiko penularan Covid-19 tinggi di 5 tempat ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru