Makanan Penurun Darah Tinggi Yang Perlu Dikonsumsi Jika Tensi Melebihi Batas Normal

Minggu, 22 Oktober 2023 | 07:13 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Makanan Penurun Darah Tinggi Yang Perlu Dikonsumsi Jika Tensi Melebihi Batas Normal

ILUSTRASI. Makanan Penurun Darah Tinggi Yang Perlu Dikonsumsi Jika Tensi Melebihi Batas Normal


Tekanan Darah Normal - JAKARTA. Simak daftar makanan penurun darah tinggi. Makanan penurunan darah tinggi perlu Anda konsumsi jika tekanan darah melewati batas normal? Lalu berapa tekanan darah normal anak-anak, remaja dan orang dewasa?

Dilansir dari website resmi Siloam Hospital, tekanan darah adalah tekanan yang ditimbulkan oleh gaya atau dorongan sirkulasi darah terhadap dinding pembuluh darah arteri ketika darah dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh. Tekanan darah terbagi menjadi dua, yaitu tekanan darah sistolik (saat jantung berkontraksi dan memompa darah ke seluruh tubuh) dan tekanan darah diastolik (saat jantung berelaksasi).

Berikut tekanan darah normal berdasarkan usia:

1. Tekanan darah normal bayi

Tekanan darah normal pada bayi dapat berubah seiring dengan pertumbuhannya. Tekanan darah normal pada bayi baru lahir adalah 60/40 mmHg, kemudian meningkat secara perlahan menjadi 65-90 mmHg (sistolik) dan 45–65 mmHg  (diastolik) hingga usianya 6 bulan.

Tekanan darah normal bayi bisa mencapai 80–100 mmHg (sistolik) dan 55–65 mmHg (diastolik) ketika berada di usia 6–12 bulan. Sedangkan pada usia 1–2 tahun, tekanan darah normal sekitar 85–113 mmHg (sistolik) dan 37–69 mmHg (diastolik).

2. Tekanan darah normal anak-Anak

Tekanan darah normal pada anak-anak bisa bervariasi. Ketika berusia 3 tahun, tekanan darah normal anak-anak di angka 91–120 mmHg (sistolik) dan 46–80 mmHg (diastolik).

Ketika usia 6–12 tahun, tekanan darah normal anak-anak bisa semakin tinggi hingga 96–131 mmHg (sistolik) dan 55–62 mmHg (diastolik).

3. Tekanan darah normal remaja

Tekanan darah normal usia remaja (13–18 tahun) adalah sekitar 112-128 mmHg (sistolik) dan 62–80 mmHg (diastolik).

4. Tekanan darah normal orang dewasa

Tekanan darah normal pada orang dewasa adalah sekitar 90–120 mmHg untuk tekanan darah sistolik dan 60–80 mmHg untuk tekanan darah diastolik.

5. Tekanan darah normal lansia

Secara umum, tekanan darah normal lansia sama dengan orang dewasa, yakni 90–120 mmHg (sistolik) dan 60–80 mmHg (diastolik). Akan tetapi, angka tersebut bisa saja berubah-ubah karena dipengaruhi oleh faktor fisiologis organ-organ tubuh seiring pertambahan usia.

Baca Juga: Berapa Tekanan Darah Tinggi yang Berbahaya? Cek Makanan Penurun Darah Tinggi

Berapa angka tekanan darah yang berbahaya?

Angka tekanan darah yang berbahaya adalah jika seseorang mengalami hipertensi. Dilansir dari website resmi RS Mitra Keluarga, seseorang disebut hipertensi saat tekanan darah sistolik lebih dari atau sama dengan 140 mmHg.

Disertai dengan  atau tanpa peningkatan diastolik lebih dari 90 mmHg. Artinya, angka berada di atas 140/90. Lalu, tekanan darah dianggap parah dan berbahaya jika tekanan di atas 180/120.

Hipertensi termasuk penyakit silent killer karena sering muncul tanpa keluhan sehingga penderita tidak tahu bahwa dirinya terkena hipertensi. Jika muncul biasanya paling sering berupa nyeri kepala dan leher bagian belakang.

Kemudian saat gejala lanjutan mimisan, irama jantung tidak teratur, perubahan penglihatan, dan telinga berdengung, kelelahan, mual, muntah, kebingungan, kecemasan, nyeri dada, hingga tremor otot.

Makanan penurun tekanan darah tinggi dengan cepat

Diberitakan Kontan.co.id, tekanan darah tinggi sangat berbahaya untuk kesehatan dan keselamatan. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah. Jika terus dibiarkan, kondisi itu penyakit jantung, ginjal, strok, dan jenis penyakit lain bisa terjadi.

Oleh karena itu, makanan penurun darah tinggi dengan cepat perlu dikonsumsi untuk membantu menurunkan tekanan darah. Berikut sejumlah makanan penurun tekanan darah tinggi dengan cepat

Sayuran

Makanan penurun darah tinggi dengan cepat yang pertama adalah sayuran. Potasium dalam sayuran membantu ginjal untuk membuang lebih banyak sodium melalui urin. Dengan begitu, tekanan darah Anda juga bisa turun. Anda bisa mengonsumsi makanan penurun darah tinggi dengan cepat berupa bayam, selada, kale, dan lain sebagainya.

Susu Skim dan Yogurt

Susu skim atau susu rendah lemak dan yogurt adalah makanan penurun darah tinggi dengan cepat yang bisa Anda konsumsi. Selain rendah lemak, susu skim juga kaya akan kalsium. Dua kandungan itu penting untuk menurunkan darah tinggi.

Jika tidak suka susu skim, Anda bisa menggantinya dengan yogurt. Menurut penelitian dari American Heart Association, resiko darah tinggi turun sebanyak 20% pada wanita yang mengonsumsi 5 porsi yogurt setiap minggu.

Anda bisa mencampurkan yogurt dengan bahan makanan lain, seperti buah atau almon. Pastikan untuk melihat gula tambahan pada yogurt. Semakin kecil jumlah tambahan gula, semakin baik untuk kesehatan Anda.

Dark Chocolate

Healthline menyebutkan bahwa dark chocolate atau cokelat hitam adalah makanan penurun darah tinggi dengan cepat yang bisa Anda jadikan pilihan. Penelitian pada 2015 menunjukkan bahwa mengonsumsi 100 g dark chocolate setiap hari bisa menurunkan Cardiovascular Disease atau CVD.

Itulah angka tekanan darah tinggi yang berbahaya serta daftar makanan penurun darah tinggi dengan cepat. Ingat, makanan penurun darah tinggi dengan cepat ini bukan untuk menggantikan obat dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru