CLOSE [X]

Tema dan Sejarah Hari Keluarga Internasional 15 Mei 2024

Rabu, 15 Mei 2024 | 08:31 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Tema dan Sejarah Hari Keluarga Internasional 15 Mei 2024

ILUSTRASI. Sejarah Hari Keluarga Internasional.


HARI PENTING - Hari Keluarga Internasional 2024 atau International Day of Families 2024 diperingati pada Rabu, 15 Mei 2024. Tema Hari Keluarga Internasional 2024 dan sejarah Hari Keluarga Internasional bisa disimak di artikel ini. 

Hari Keluarga Internasional 2024 bertujuan untuk mengkampanyekan kesejahteraan keluarga dan kesadaran tentang perubahan sosial, ekonomi, dan demografi yang berdampak pada keluarga. 

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan Hari Keluarga Internasional pada 1993 untuk meningkatkan kesadaran akan isu-isu terkait keluarga. 

Lantas, apa tema Hari Keluarga Internasional 2024 dan sejarah Hari Keluarga Internasional? 

Baca Juga: Joe Biden Tandatangani UU Larangan Impor Bahan Bakar Reaktor Nuklir Rusia

Tema Hari Keluarga Internasional 2024

Tema Hari Keluarga Internasional 2024

Tema Hari Keluarga Internasional 2024 adalah "Families and Climate Change" atau "Keluarga dan Perubahan Iklim". 

Dirangkum dari laman PBB, tema Hari Keluarga Internasional 2024 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang bagaimana perubahan iklim berdampak pada keluarga dan peran yang dapat dimainkan oleh keluarga dalam aksi perubahan iklim. 

Melalui inisiatif keluarga dan komunitas, kita dapat mendorong aksi iklim melalui pendidikan, akses terhadap informasi, pelatihan dan partisipasi masyarakat.

Pasalnya, keluarga mewariskan nilai-nilai dari generasi ke generasi. Untuk itu, menanamkan kebiasaan berkelanjutan dan kesadaran iklim dalam keluarga sejak usia dini adalah hal yang penting. 

Baca Juga: Rekomendasi 6 Drama Korea Bertema Politik dengan Cerita Menarik

Sejarah Hari Keluarga Internasional 

Sejarah Hari Keluarga Internasional dimulai pada 1980-an ketika Perserikatan Bangsa-Bangsa mulai memusatkan perhatian pada isu-isu yang berkaitan dengan keluarga.

Kemudian, pada 1983, berdasarkan rekomendasi dewan ekonomi dan sosial, komisi pembangunan sosial dalam resolusinya tentang peran keluarga dalam proses pembangunan (1983/23) meminta sekretaris jenderal PBB untuk meningkatkan kesadaran di antara para pengambil keputusan dan masyarakat tentang masalah dan kebutuhan keluarga, serta cara efektif untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Dalam resolusinya (1985/29) pada 29 Mei 1985, dewan ekonomi dan sosial mengundang majelis umum untuk mempertimbangkan agenda peran keluarga dalam proses pembangunan. 

Baca Juga: Tahun Ini, Temas (TMAS) Rencanakan Tambah 5 Armada Kapal

Selanjutnya, berdasarkan rekomendasi komisi pembangunan sosial majelis umum PBB mengundang semua negara untuk menyampaikan pandangan mereka mengenai kemungkinan adanya tahun keluarga internasional. 

Dalam resolusinya pada 9 Desember 1989, majelis umum PBB mencanangkan tahun keluarga internasional. Pada 1993, majelis umum PBB memutuskan bahwa tanggal 15 Mei setiap tahun harus diperingati sebagai Hari Keluarga Internasional. 

Hari ini memberikan kesempatan untuk meningkatkan kesadaran akan isu-isu yang berkaitan dengan keluarga dan untuk meningkatkan pengetahuan tentang proses sosial, ekonomi dan demografi yang mempengaruhi keluarga.

Demikian penjelasan mengenai tema Hari Keluarga Internasional 2024 dan sejarah Hari Keluarga Internasional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru