Manfaat kencur buat kesehatan begitu banyak, cek 5 di antaranya

Selasa, 10 November 2020 | 15:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Manfaat kencur buat kesehatan begitu banyak, cek 5 di antaranya


KESEHATAN - JAKARTA. Ada banyak sekali manfaat kencur yang bisa dirasakan oleh tubuh. Hal itu disebabkan oleh banyaknya kandungan bermanfaat di dalamnya. Mulai dari zinc, paraeumarin, ethyl aster, amilum, borneol, asam sinamat, mineral, dan lain sebagainya.

Kencur merupakan salah satu bahan alami dengan rasa yang kuat dan menyengat. Biasanya, kencur digunakan dalam berbagai jenis hidangan. Namun, bahan alami ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Mengutip dari Health Benefits (healthbenefits.com), kencur bersifat karminatif. Artinya, bahan alami ini bisa mencegah pembentukan gas dalam tubuh sehingga nafsu makan meningkat. Selain itu, masih banyak khasiat kencur lainnya seperti berikut ini.

Menambah Energi

Manfaat kencur lainnya adalah bisa digunakan untuk menambah energi. Caranya, campurkan kencur sepanjang 2 cm dengan segelas air lalu rebus campuran itu. Setelah matang, minum air rebusan kencur sebelum tidur. Selain menambah energi, kencur juga bisa meningkatkan kewaspadaan Anda.

Baca Juga: Kayu manis obat herbal yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol memang baik untuk tubuh. Namun, saat jumlahnya berlebihan, hal itu bisa menyebabkan masalah kesehatan. Ada banyak cara untuk menurunkan kolesterol Anda. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan kencur.

Kencur mampu meningkatkan produksi asam empedu. Artinya, kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi menjadi lebih baik. Selain itu, asam empedu juga berguna untuk menurunkan jumlah kolesterol dan zat racun dalam tubuh.

Kaya Antioksidan

Jika dibiarkan, radikal bebas bisa menyerang kesehatan tubuh. Berbagai macam penyakit bisa muncul akibat hal tersebut. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi kencur secara rutin.

Baca Juga: Ini loh manfaat kencur untuk kesehatan tubuh Anda

Meredakan Batuk

Salah satu manfaat kencur adalah meredakan batuk yang Anda alami.

Apakah Anda sedang mengalami batuk? Jika iya, kencur bisa Anda jadikan pilihan sebagai pereda gejala batuk. Health Benefits merekomendasikan agar mencampur parutan kencur dengan air jeruk nipis dan madu. Minum campuran itu tiga kali sehari sampai gejala batuk mereda.

Mengurangi Kembung

Manfaat kencur lainnya adalah bisa Anda gunakan untuk mengurangi kembung. Pertama, Anda perlu merebus kencur sepanjang 3 cm dengan air. Setelah itu, minum air rebusan kencur dua hari sekali. Jika tak ingin minum air rebusan kencur, Anda bisa makan kencur mentah yang dicampur dengan sedikit garam.

Selanjutnya: Air perasan kencur, obat herbal yang bisa meredakan batuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru