Manfaat Positif dan Dampak Negatif Penggunaan AC Terlalu Lama bagi Tubuh

Rabu, 14 Februari 2024 | 12:23 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Manfaat Positif dan Dampak Negatif Penggunaan AC Terlalu Lama bagi Tubuh

ILUSTRASI. Manfaat Positif dan Dampak Negatif Penggunaan AC Terlalu Lama bagi Tubuh


KESEHATAN - JAKARTA. Pahami manfaat positif dan dampak negatif penggunaan AC terlalu lama. Dalam era modern ini, penggunaan AC (Air Conditioner) telah menjadi suatu kebiasaan sehari-hari bagi banyak orang di berbagai belahan dunia.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan kenyamanan yang dihadirkan, AC tidak hanya dianggap sebagai suatu kemewahan.

Penggunaan juga sebagai kebutuhan yang mendukung kesejahteraan hidup. Tentu, penggunaan AC tidak hanya dipakai di rumah saja, tetapi beberapa tempat umum yang memerlukan sirkulasi udara yang baik perlu menggunakan AC.

Sayangnya, AC tidak selalu membawa kenyamanan, namun beberapa risiko kesehatan dapat mengintainya.

Terpapar AC setiap hari dapat memiliki manfaat positif dan negatif tergantung pada berbagai faktor, termasuk suhu lingkungan, durasi terpapar, dan kondisi kesehatan individu.

Baca Juga: 4 Kebiasaan yang Memperparah Bibir Pecah-Pecah dan Cara Mengatasinya

Efek negatif AC untuk kulit

Untuk itu, Anda bisa memahami dampak penggunaan AC sehari-hari, membahas manfaat dan potensi risiko yang terkait dengan kenyamanan yang ditawarkannya.

Berikut adalah beberapa manfaat positif dan negatif yang mungkin terjadi dilansir dari WebMD.

Manfaat Positif penggunaan AC

Nah, Anda bisa memahami beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan saat menggunakan AC.

  • Kenyamanan Thermal: AC memberikan kenyamanan termal dengan menjaga suhu ruangan tetap pada tingkat yang diinginkan, terutama di daerah dengan suhu ekstrem.
  • Kontrol Kelembapan: AC membantu mengontrol kelembapan udara di dalam ruangan, yang dapat membantu mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri.
  • Penurunan Risiko Heat Stroke: AC dapat membantu mencegah risiko heat stroke, terutama pada daerah dengan suhu tinggi dan tingkat kelembapan tinggi.
  • Peningkatan Kualitas Udara Dalam Ruangan: Beberapa unit AC dilengkapi dengan filter yang dapat menyaring partikel debu, kuman, dan alergen, sehingga dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan.

Baca Juga: 4 Kebiasaan yang Memperparah Bibir Pecah-Pecah dan Cara Mengatasinya

Dampak Negatif penggunaan AC

Sayangnya, bila Anda terpapar udara dari AC dalam jangka waktu lama,

  • Kulit dan Mata Kering: AC dapat menyebabkan kulit dan mata menjadi kering karena pengurangan kelembapan udara di dalam ruangan.
  • Masalah Pernapasan: AC dapat menyebabkan masalah pernapasan pada beberapa individu, terutama jika filter tidak terawat dengan baik atau jika seseorang memiliki sensitivitas terhadap udara dingin.
  • Penurunan Kekebalan Tubuh: Terlalu sering terpapar AC dapat berdampak pada sistem kekebalan tubuh karena kurangnya adaptasi terhadap variasi suhu.
  • Potensial untuk Penyakit dari sirkulasi Udara: AC yang tidak bersih atau tidak terawat dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri, jamur, dan kuman, yang dapat menyebabkan penyakit bersirkulasi udara jika tidak diatasi dengan baik.

Saat menggunakan AC, penting untuk memperhatikan suhu yang nyaman, membersihkan dan merawat unit secara teratur, dan memberikan waktu untuk terpapar udara segar dari luar.

Bagi individu dengan kondisi kesehatan tertentu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk memahami dampak terpapar AC pada kesehatan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru