Mengenal CV ATS Friendly dan Cara Buatnya, Pakai CV Ini Lebih Mudah Lolos Rekrutmen

Kamis, 16 Juni 2022 | 13:35 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Mengenal CV ATS Friendly dan Cara Buatnya, Pakai CV Ini Lebih Mudah Lolos Rekrutmen

ILUSTRASI. Mengenal CV ATS Friendly dan Cara Buatnya, Pakai CV Ini Lebih Mudah Lolos Rekrutmen.


KONTAN.CO.ID -  Agar lebih mudah lolos proses seleksi rekrutmen, ada baiknya Anda menggunakan Curriculum Vitae (CV) yang Applicant Tracking System (ATS) friendly.   

Saat ini, banyak perusahaan besar yang menggunakan ATS untuk menyaring kandidat saat lowongan kerja dibuka. 

Sistem ini bisa memudahkan pihak personalia atau Human Resource Department (HRD) untuk memeriksa CV kandidat yang sesuai dengan kriteria yang perusahaan cari.

Melansir dari Linkedin, ATS berfungsi untuk menyimpan data kandidat yang terdiri atas lamaran, resume, hingga catatan penting kandidat. 

Baca Juga: Lowongan Kerja Terbaru di BUMN Virama Karya 2022, Banyak Posisi Dibuka

ATS akan mengumpulkan data dan mengorganisir lamaran yang terbaik dan sesuai kriteria. Setelah terkumpul data yang sesuai, ATS akan mengirimkan data yang bisa digunakan personalia untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. 

Karena pengumpulan data dilakukan oleh kecerdasan buatan (AI), beberapa CV yang tidak ATS friendly terpaksa tersingkir. Hal ini menyebabkan beberapa pelamar tidak bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. 

Namun demikian, Anda bisa mengakalinya dengan membuat CV atau resume yang ATS friendly. 

Cara membuat CV yang ATS friendly

Agar CV yang dibuat bisa lolos screening ATS tools sebuah perusahaan, ada beberapa tips tentang cara membuat CV yang ATS friendly atau ramah ATS. 

Apa saja tips tersebut? Berikut ini cara-cara yang bisa digunakan saat membuat CV agar lolos penyaringan aplikasi ATS dirangkum dari The Muse:

  • Menggunakan kata kunci yang tepat

Karena menggunakan kecerdasan buatan, ATS memiliki cara tersendiri untuk menyeleksi CV. Untuk membuat CV yang tepat, Anda harus mencantumkan kata kunci yang benar. 

Semisal dalam lowongan kerja dicari SEO specialist. Saat Anda menulis CV, pastikan ada kata-kata SEO specialist di dalam CV. 

Taruh kata kunci tersebut pada deskripsi skill Anda. Namun perlu diperhatikan, gunakan kata kunci secara wajar dan tidak berlebihan. 

Baca Juga: Cek Biaya UKT Jurusan Kedokteran Jalur UM 2022 di UI, UGM, Undip, dan Unair

  • Menggunakan font yang tepat

Sekarang, banyak situs dan aplikasi yang membantu pencari kerja untuk membuat CV yang menarik. Ada beragam fitur yang memudahkan masyarakat membuat CV secara online dan gratis.

Selain fitur yang mudah digunakan, ada banyak variasi template CV hingga font tulisan. 

Membuat CV yang menarik dengan font yang unik boleh-boleh saja, namun tidak semua template dan font bisa terbaca oleh sistem ATS. 

Sebaiknya, Anda menggunakan font standar seperti Times New Roman, Arial, hingga Georgia atau Cambria saat menulis CV. 

Jangan lupa gunakan bullet points atau numbering dalam CV Anda saat menulis poin-poin informasi. ATS akan lebih mudah mendeteksi CV dengan poin-poin informasi yang Anda tulis. 

  • Format yang tepat

Banyak pendapat jika PDF adalah format file yang terbaik karena file akan tetap dalam kondisi yang baik saat di-download dan dibaca melalui berbagai perangkat.

Namun demikian, format ini justru tidak bisa diuraikan dan terbaca dengan baik oleh sistem ATS. Sebaiknya, Anda menyimpan file CV dalam format Word Document atau dalam format .docx. Selain itu, hindari penggunaan foto dan grafik lainnya pada CV. 

Meskipun demikian, perhatikan kembali kriteria yang diinformasikan oelh perusahaan. Jika memang diminta menyerahkan dalam bentuk PDF, maka ubah file CV ATS friendly Anda dalam bentuk yang diminta perusahaan.

Sudah banyak situs penyedia CV yang menyediakan template CV yang ATS friendly. Anda cukup pilih template yang disukai dan mengisinya sesuai informasi diri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru