Mengenal Introvert, Ciri-ciri, dan Penyebabnya

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 12:45 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Mengenal Introvert, Ciri-ciri, dan Penyebabnya


KONTAN.CO.ID - Apa itu introvert? Hal ini seringkali menjadi pertanyaan bagi sebagian orang. Introvert adalah orang yang lebih senang menghabiskan waktu sendirian atau bersama satu dan dua orang teman terdekat mereka dibanding berada dalam keramaian.

Introvert juga seringkali disamakan dengan pemalu. Padahal, introvert sering membutuhkan waktu menyendiri untuk memulihkan energi setelah berada dalam keramaian atau lingkungan sosial.

Sebaliknya, selain introvert terdapat istilah ekstrovert. Istilah introvert dan ekstrovert berasal dari seorang psikolog bernama Carl Gustav Jung.

Dia meyakini bahwa beberapa orang diberi energi yang berasal dari luar yakni ekstrovert. Sementara beberapa orang diberi energi dalam dirinya atau disebut introvert.

Baca Juga: 7 Pekerjaan yang cocok buat kepribadian introvert & tidak perlu bertemu banyak orang

Ciri-ciri introvert

Dikutip dari Healthline, ada beberapa ciri seorang bisa dikatakan introvert. Karakter ini bisa berbeda-beda untuk masing-masing individu.

Dengan kata lain, tidak ada dua orang introvert yang persis sama. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi ciri-ciri introvert:

1. Waktu luang lebih banyak sendiri

Ciri-ciri introvert adalah lebih memilih untuk menghabiskan waktu yang tenang di rumah. Bagi introvert hal tersebut sangat menyenangkan atau bisa menghabiskan waktu hanya untuk beristirahat atau menikmati hobi yang tenang sendirian.

Jika waktu menyendiri mendorong perasaan damai dan lega, bukan kekecewaan dan stres, kemungkinan Anda lebih cenderung introvert daripada ekstrovert.

2. Lelah karena sering bersosialisasi

Tidak benar bahwa introvert membenci interaksi sosial dan menghindarinya sama sekali. Bagaimanapun, seseorang mungkin merasa lelah terlalu sering berinteraksi.

Bagi instrovert, berkumpul bersama teman-teman pada hari Jumat selepas kerja mungkin menghabiskan energi bagi beberapa orang, sehingga mereka mendambakan kesendirian pada hari Sabtu untuk beristirahat.

Baca Juga: Anda Termasuk yang Mana? Berikut Ini 4 Tipe Kepribadian Introvert

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru