Mengenal K Kely, dinosaurus mini pemakan serangga

Selasa, 07 Juli 2020 | 15:02 WIB   Penulis: Wahyu Eko Saputra
Mengenal K Kely, dinosaurus mini pemakan serangga

ILUSTRASI. Ancol Taman Impian memberikan hiburan spesial berupa atraksi seru dinosaurus.


KONTAN.CO.ID - Dinosaurus biasanya berukuran besar. Tapi tidak dengan Kongonaphon Kely atawa K Kely, dinosaurus mini yang fosilnya ditemukan Madagaskar dan  berumur sekitar 237 juta tahun lalu.

K Kely memiliki banyak rahasia yang menarik ilmuan untuk menelitinya. Contoh, ukuran hewan purba ini yang kecil, hanya secangkir kopi dan K Kely adalah pemakan serangga.

Christian Kammerer, paleontolog dari North Carolina Museum, mengatakan, tinggi pemakan serangga yang hidup di zaman Trias itu kurang lebih hanya 10 cm. Meski demikian, Kammerer dan para ilmuan lain sepakat memasukkan K. Kely ke dalam ordo Ornithodira.

"Apa yang kami temukan ini sangat berbeda dengan dinosaurus yang besar pada umumnya," kata Kammerer seperti dikutip ScienceAlert.

Baca Juga: Fosil nenek moyang ayam ditemukan di Belgia 

Bagi Kammerer, kelompok Ornithodira ialah jenis ordo yang sulit ditemukan. Bahkan, tulang pertama K Kely pertama kali terlihat pada 1998 di sebelah Barat Daya Madagaskar, bersamaan dengan penemuan spesimen lainnya.

"Butuh waktu untuk kami memulai penelitian tulang K Kely ini. Tapi, ketika mulai penelitian, kami menemukan suatu yang unik dan layak lihat," ujar dia.

K Kely kemudian digolongkan pada keluarga dinosaurusmorph atau Legerpetiade yang kerap mengonsumsi hewan-hewan kecil.

Tapi, Christian menyebutkan, dari ukurannya yang kecil, K Kely bukanlah suatu yang kebetulan. Melainkan, ada mekanisme proses yang dia sebut miniaturisasi yang tahapannya berkembang secara berkala.

Baca Juga: Google hadirkan fitur pencarian Dinosaurus, bisa foto bareng T-Rex!

Bukti lainnya yang menunjukkan K Kely pemakan serangga adalah bentuk taring yang lecet di bagian atas. Bagi peneliti, itu menunjukkan K Kely tidak memburu atau memasukan hewan kategori bercangkang keras ke daftar makanannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu Eko Saputra

Terbaru