Mengenal Tahapan TKB, Wawancara, dan MCU Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Jumat, 10 Juni 2022 | 09:29 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Mengenal Tahapan TKB, Wawancara, dan MCU Rekrutmen Bersama BUMN 2022

ILUSTRASI. Mengenal Tahapan TKB, Wawancara, dan MCU Rekrutmen Bersama BUMN 2022.


KONTAN.CO.ID -  Selamat bagi peserta yang lolos pada tahap Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Core Values Rekrutmen Bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 2022. 

Sesuai dengan jadwal dari Forum Human Capital Indonesia (FHCI), pengumuman hasil TKD dan Core Values BUMN dirilis pada tanggal 9-10 JUni 2022. 

Peserta bisa melihat hasil seleksi tahap ini melalui akun pribadi di situs Rekrutmen Bersama BUMN atau melalui email yang dikirimkan oleh pihak Rekrutmen Bersama FHCI BUMN. 

Setelah dinyatakan lolos, tahapan selanjutnya yang akan Anda ikuti adalah Tes Kompetensi Bidang (TKB), Wawancara, dan Medical Check Up (MCU). 

Baca Juga: Cara Cek Hasil Seleksi TKD dan Core Values BUMN 2022 di Rekrutmenbersama.fhcibumn.id

TKB, wawancara, dan MCU Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Tahap TKB, Wawancara, dan MCU akan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan jadwal dari masing-masing instansi BUMN.

Sebagai gambaran tentang seleksi ini, bersumber dari situs jdih.bumn.go.id, Anda bisa melihat Peraturan Menteri BUMN PER-03/MBU/2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil. 

Disebutkan bahwa seleksi TKB memiliki tujuan untuk mengukur kemampuan dan/atau keterampilan peserta seleksi yang berkaitan dengan kompetensi jabatan atau pekerjaan. 

Terdapat beberapa rangkaian kegiatan dalam seleksi TKB BUMN, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Tes penugasan dimaksudkan untuk menilai kemampuan dan/atau keterampilan peserta ujian sesuai dengan tuntutan jabatan yang dilamar.
  • Assessment psikologi dimaksudkan untuk menilai soft competencies peserta ujian sesuai dengan kamus kompetensi dan nilai-nilai Kementerian BUMN.
  • Tes kesehatan dimaksudkan untuk menilai tingkat kesehatan peserta ujian dalam menjalankan tugas-tugas jabatan yang dilamar.
  • Wawancara dimaksudkan untuk menggali hal-hal spesifik yang terabaikan dalam pengukuran tes-tes sebelumnya dan/atau mendalami hasil pengukuran tes-tes sebelumnya. 

Jadwal Rekrutmen Bersama FHCI BUMN

  • 14-25 April 2022: Registrasi Online dan Seleksi Administrasi
  • 9-11 Mei 2022: Pengumuman Registrasi Online dan Seleksi Administrasi
  • 17 Mei - 27 Mei 2022: Pelaksanaan Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Core Values BUMN
  • 9 Juni - 10 Juni 2022: Pengumuman TKD dan Core Values BUMN
  • 12 Juni - 25 Juni 2022: Pelaksanaan Tes Kemampuan Bidang (TKB), Wawancara dan MCU yang dilakukan sesuai dengan ketentuan masing-masing BUMN
  • 4 Juli 2022: Pengumuman Final Calon Pegawai BUMN
  • 11 Juli 2022: Bela Negara
  • 18 Juli 2022: Inagurasi

Baca Juga: Link Pengumuman Hasil TKD dan Core Values Rekrutmen Bersama BUMN 2022 & Cara Lihatnya

Demikian informasi tentang gambaran umum seleksi TKB, Wawancara, dan MCU Rekrutmen Bersama BUMN 2022. Segera cek pada akun Anda masing-masing atau email dari pihak Rekrutmen Bersama FHCI BUMN. 

Perhatikan dengan seksama informasi dan panduan tentang pelaksanaan seleksi tahapan ini agar Anda bisa lebih lancar saat mengikuti seleksi. 

Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Kementerian BUMN, pihak Rekrutmen Bersama BUMN, maupun instansi BUMN terkait karena proses seleksi ini tidak dipungut biaya apapun.

Informasi lengkap tentang Rekrutmen Bersama FHCI BUMN 2022 bisa Anda lihat di https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru