Mulai siapkan, ini 10 kemampuan yang banyak dibutuhkan di dunia kerja di masa depan

Minggu, 03 Januari 2021 | 05:24 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Mulai siapkan, ini 10 kemampuan yang banyak dibutuhkan di dunia kerja di masa depan


MENGEMBANGKAN DIRI - Ada dua kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja, soft skill dan hard skill. Kemampuan tersebut digunakan untuk menunjang karir seseorang selama bekerja, 

Soft skill, dikutip dari The Balance Careers, merupakan kemampuan non-teknikal yang berhubungan dengan bagaimana seseorang bekerja. 

Kemampuan ini melibatkan bagaimana karyawan berinteraksi, menyelesaikan masalah, hingga memanajemen pekerjaan. 

Sedangkan hard skill adalah kemampuan yang berkaitan dengan suatu pekerjaan tertentu. Anda bisa mendapatkan kemampuan ini melalui pelatihan dan pengalaman.  

Melansir laman World Economic Forum (WEF), sebagian besar karyawan perusahaan perlu memperbaharui kemampuan mereka. Hal ini dilakukan agar mereka bisa bersaing hingga tahun-tahun berikutnya. 

Berikut skill yang dibutuhkan di dunia kerja pada 2025 versi World Economic Forum.

  • Berpikir analitis dan inovatif

Perusahaan bisa tetap bertahan dengan berbagai inovasi untuk mengikuti permintaan pasar. Karenanya, banyak perusahaan yang merekrut karyawan yang mampu berpikir inovatif dan analitis.

  • Mampu belajar secara aktif dan mandiri

Di dunia kerja, Anda sudah tidak lagi dibimbing layaknya di sekolah atau universitas. Karyawan dituntut untuk bisa aktif belajar dan mandiri. Gunakan segala sumber untuk mendukung ilmu dan pembelajaran selama Anda di kantor. 

  • Complex problem solving

Kemampuan yang banyak dibutuhkan di dunia kerja selanjutnya adalah complex probelm solving. Saat bekerja, Anda akan berhadapan dengan berbagai masalah yang perlu penyelesaian di waktu yang sama. Pekerja diharapkan mampu menyelesaikan masalah tersebut dengan cepat dan efisien.

  • Berpikir kritis dan analitis

Berpikir kritis dan analitis sangat berguna saat Anda bekerja. Dengan kemampuan ini, Anda bisa melihat suatu masalah dari berbagai sisi. Kemampuan ini juga membuat keputusan yang diambil lebih bijak dan tepat. 

Baca Juga: Kementerian KKP buka lowongan kerja 2021, ini posisi yang ditawarkan

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru