Pahami Manfaat Glutathione untuk Kulit, Cari Tahu Yuk!

Senin, 25 April 2022 | 12:45 WIB Sumber: Jovee
Pahami Manfaat Glutathione untuk Kulit, Cari Tahu Yuk!


KONTAN.CO.ID - Mungkin sangat jarang Anda mendengar istilah glutathione atau gluta, Glutathione adalah antioksidan yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Glutathione cukup populer di dalam kandungan skincare dan suplemen kecantikan untuk kesehatan kulit.

Antiosidan alami ini diproduksi oleh hati dan sel-sel saraf di sistem saraf pusat manusia. Walaupun diproduksi alami oleh tubuh, tetapi tingkat glutathione bisa berkurang yang disebabkan oleh nutrisi buruk, stres dan faktor usia. 

Jika Anda tertarik mengenal lebih jauh tentang antioksidan alami ini, berikut manfat glutathione untuk kulit dilansir dari jovee.id, yaitu: 

1. Melawan Paparan Radikal Bebas

Manfaat glutathione untuk kulit pertama yaitu melawan paparan radikal bebas. Sebagai antioksidan kuat, glutathione membantu menetralisir radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kulit.

Radikal bebas yang datang dari lingkungan dan paparan sinar UV terkenal akan sifatnya yang merusak kulit dan mempercepat munculnya tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan di wajah.

Secara keseluruhan, fungsi hidrasi dan skin barrier kulit akan terganggu akibat paparan radikal bebas. Di sinilah peran glutathione dalam melawan radikal bebas. Glutathione dapat melawan stres oksidatif dan mengurangi kadar racun, sehingga kulit menjadi lebih kuat dan sehat.

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Yoga untuk Kecantikan

2. Membantu Mencerahkan Warna Kulit

Selanjutnya, manfaat glutathione untuk kulit adalah membantu mencerahkan warna kulit. Bahkan, glutathione juga kerap digunakan dalam suntik putih. Melansir dari Derma Essentia, berikut cara kerja glutathione dalam melawan hiperpigmentasi, yaitu:

  • Menghambat Produksi Melanin

Glutathione ditemukan efektif mengurangi bintik hitam, bercak, dan warna kulit tidak merata dengan menghambat aktivitas enzim tirosinase. Enzim tirosinase adalah enzim yang mempengaruhi tingkat melanin pada kulit. Sehingga terdapat peningkatkan pada warna kulit yang cerah dan merata.

  • Aktivitas Antioksidan

Antioksidan juga turut berperan dalam melawan hiperpigmentasi pada kulit Anda. Sinar UV dapat memicu munculnya flek dan bercak hitam, serta juga membuat bekas jerawat menjadi lebih gelap. Glutathione yang merupakan antioksidan kuat mampu melawan efek oksidatif ini sehingga tampilan flek hitam di wajah Anda bisa lebih tersamarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru