Pahami sejak sekarang, ini tanda-tanda Anda mengalami kelelahan pernikahan

Kamis, 17 Juni 2021 | 15:03 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Pahami sejak sekarang, ini tanda-tanda Anda mengalami kelelahan pernikahan

ILUSTRASI. Pahami sejak sekarang, ini tanda-tanda Anda mengalami kelelahan pernikahan.

KONTAN.CO.ID - Tidak hanya dalam dunia kerja, kelelahan juga bisa terjadi dalam pernikahan. Kelelahan dalam pernikahan atau marriage burnout bisa dialami oleh banyak pasangan menikah. . 

Melansir dari Psychology Today, burnout adalah kondisi kelelahan, hilangnya motivasi, dan kehilangan ketertarikan pada suatu hal yang kita sukai. 

Burnout sering dikaitkan pada kelelahan karena bekerja. Namun demikian, kelelahan juga bisa terjadi pada parenting bahkan pernikahan. 

Setiap pasangan pastinya menginginkan hubungan yang baik dan langgeng. Sayangnya terkadang hubungan mulai renggang siring berjalannya waktu. 

Beberapa pasangan merasa seakan energinya terkuras saat menjalani rumah tangga. Kelelahan dalam pernikahan yang tidak tertangani dengan baik bisa menyebabkan perselingkuhan hingga perceraian. 

Jika tidak ditangani segera, hubungan Anda dengan pasangan bisa memburuk. Berikut beberapa tanda-tanda Anda mengalami marriage burnout dihimpun dari Marriage dan Psychology Today:

  • Terus menerus merasa lelah

Kelelahan dalam pernikahan memiliki level yang sama dengan kelelahan yang dialami pekerja selama mereka bekerja. 

Marriage burnout terjadi karena level stres yang terakumulasi dengan masalah yang tidak terselesaikan. Dua faktor ini kemudian memicu kelelahan yang terus-menerus.

Kunci untuk menyelesaikan masalah yang Anda dan pasangan hadapi adalah komunikasi. Cobalah untuk mencari sumber dari rasa lelah Anda dan bicarakan dengan pasangan.

Baca Juga: Ini dia ragam jenis parenting style, simak penjelasan dan dampaknya

  • Ketidaknyamanan

Anda akan merasa ada yang tidak beres tetapi tidak tahu apa itu. Hal ini dipicu karena ketidaksadaran terhadap masalah. 

Secara tidak sadar, Anda menolak adanya ketidakberesan dalam rumah tangga. Lambat-laun hal ini bisa membuat Anda lelah dengan hubungan pernikahan Anda.

Jika dibiarkan tanpa ada tindakan yang tepat, pernikahan Anda bisa memburuk hingga berujung perceraian.

  • Menarik diri

Kelelahan dalam pernikahan membuat Anda selalu mencari waktu untuk menyendiri. Memiliki waktu untuk diri sendiri memang tidak salah.

Namun demikian, jika terlalu sering bisa menandakan Anda merasakan marriage burnout. Waktu untuk sendirian menjadi sebuah pelarian dari masalah rumah tangga. 

Jika Anda merasa selalu ingin sendiri bahkan menghindar dari pasangan, bisa menjadi tanda Anda mengalami kelelahan dengan hubungan rumah tangga.

Baca Juga: Kapan usia terbaik untuk menikah? Ini jawaban ilmuwan

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru