Paling umum ditemui, berikut 8 gejala tipes yang harus Anda kenali

Senin, 02 Agustus 2021 | 20:55 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Paling umum ditemui, berikut 8 gejala tipes yang harus Anda kenali

KONTAN.CO.ID - Tipes atau biasa dikenal dengan tifus (demam tifoid) merupakan penyakit yang disebabkan karena lingkungan yang tidak higienis. Gejala tipes paling umum adalah demam. 

Penyebab penyakit ini yakni infeksi bakteri yang disebut Salmonella typhi yang banyak menyebar melalui makanan yang terkontaminasi. Karena itu, tipes banyak terjadi di negara-negara berkembang. 

Penyakit ini perlu penanganan cepat, karena bila tidak segera diobati bisa sangat berbahaya. Itu sebabnya, penting untuk mengetahui gejala tipes, baik gejala tipes pada orang dewasa maupun gejala tipes pada anak.

Nah berikut 8 gejala tipes paling umum ditemui sebagaimana dikutip dari Center of Disease Control and Prevention:

1. Demam dan kedinginan

Demam adalah gejala tipes yang paling banyak ditemui. Selain merasa kedinginan, suhu badan naik setiap hari, bahkan mencapai 39-40 derajat celcius. 

Demam sendiri sebenarnya muncul karena respons sistem imun pada tubuh melawan infeksi. Imun tubuh memproduksi sel darah putih lebih banyak dan dibawa aliran darah menuju hipotalamus sehingga menaikkan suhu tubuh. 

Baca Juga: Waspada, 5 gejala penyakit ginjal ini bisa Anda alami

2. Nyeri tubuh dan nyeri otot

Nyeri tubuh dan nyeri otot juga bisa menjadi gejala tipes. Nyeri otot cenderung muncul selama atau setelah menjalani aktivitas tertentu.

3. Nafsu makan turun

Gejala tipes berikutnya adalah hilangnya selera makan. Hal ini juga terjadi karena sistem kekebalan tubuh. Sistem imun merangsang otak melepaskan leptin, zat kimia yang menyebabkan selera makan tubuh. 

4. Mual

Perut terasa mual juga jadi salah satu gejala tipes. Ini karena bakteri penyebab tipes menginfeksi lambung dan dinding usus yang memicu sistem imun mengirimkan sinyal ke otak. 

Otak kemudian akan memicu organ pencairan memproduksi lebih banyak cairan sehingga perut merasa tidak nyaman.

Baca Juga: 6 Pantangan kolesterol bukan cuma jeroan, Anda wajib hindari

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru