Perlu Anda waspadai, 4 penyebab haid lama ini

Senin, 30 November 2020 | 18:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Perlu Anda waspadai, 4 penyebab haid lama ini

KONTAN.CO.ID - Durasi siklus haid yang dialami setiap perempuan berbeda-beda. Ada banyak penyebab haid lama yang bisa Anda alami. 

Perempuan bisa mengalami haid selama tiga hingga lima hari. Namun, ada pula yang mengalami haid lebih lama. Penyebab haid lama banyak.

Berikut beberapa penyebab haid lama yang perlu Anda waspadai:

Polycystic ovarian syndrome

Polycystic ovarian syndrome atau PCOS adalah kondisi di mana tiroid dalam tubuh Anda kurang aktif atau terlalu aktif. Hasilnya, hormon seksual Anda mengalami gangguan sehingga masa hadi yang Anda alami lebih panjang.

Siklus haid Anda juga bisa menjadi tak teratur karena kondisi tersebut. Jika siklus haid Anda tiba-tiba sering berubah dan hal itu terjadi dalam jangka waktu lama, segera periksakan diri ke dokter. Tujuannya, agar kondisi Anda bisa diatasi dengan lebih cepat.

Baca Juga: Penebalan dinding rahim: tipe, penyebab, dan gejala yang perlu Anda waspadai

Beberapa jenis obat

Bersumber dari Glamour.com, jenis obat tertentu juga bisa jadi penyebab haid lama. Beberapa jenis obat itu adalah obat tiroid, steroid, dan antipsikotik. Jenis obat-obat tersebut mampu mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh Anda.

Jika Anda mengonsumsi jenis obat tertentu, pastikan untuk meminumnya sesuai dengan intruksi yang diberikan dokter. Jika gangguan siklus haid terus terjadi, segera konsultasikan ke dokter agar mendapat perawatan yang tepat.

Berat badan

Obesitas bisa jadi salah satu penyebab haid lama.

Jika Anda memiliki berat badan berlebih atau mengalami kenaikan berat badan secara tiba-tiba, masa haid yang Anda alami bisa lebih lama.

Bertambahnya jumlah lemak dalam tubuh juga bisa meningkatkan jumlah hormon estrogen sehingga darah haid yang keluar lebih banyak dan masa haid lebih lama.

Baca Juga: Waspada, inilah 5 penyebab telat haid yang bisa Anda alami

Stres

Penyebab haid lama lainnya adalah stres. Selain menyebabkan haid menjadi lebih lama, menurut Glamour.com, stres juga mampu membuat Anda tak mengalami haid.

Supaya siklus haid Anda kembali lancar, usahakan untuk mengelola stres dengan baik. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar stres yang Anda rasakan tak mengganggu kesehatan Anda.

Cobalah untuk melakukan kegiatan yang baik untuk kesehatan mental. Mulai dari menulis jurnal, rajin olahraga, hingga melakukan hobi. Jika memang dibutuhkan, Anda bisa berkonsultasi dengan psikolog.

Selain itu, pastikan untuk mengonsumsi sumber makanan bergizi, salah satunya adalah makanan yang mengandung banyak zat besi supaya tubuh Anda tak mengalami kekurangan darah selama haid berlangsung.

Selanjutnya: Kista ovarium, ini gejala dan penyebabnya yang perlu Anda waspadai

Editor: Belladina Biananda
Terbaru