Roleplay itu Apa? Yang Harus Anda Ketahui Tentang Genre Roleplay di Game

Senin, 26 Juni 2023 | 15:08 WIB   Penulis: Arif Budianto
Roleplay itu Apa? Yang Harus Anda Ketahui Tentang Genre Roleplay di Game

ILUSTRASI. Roleplay itu Apa? Yang Harus Anda Ketahui Tentang Genre Roleplay di Game


GAME -  Roleplay itu apa? Inilah yang harus Anda ketahui tentang genre Roleplay di game atau permainan. Genre roleplay dalam video game umumnya merujuk pada sebuah game yang memungkinkan pemain untuk menjadi karakter yang dapat memilih peran, mengambil keputusan hingga mengembangkan progres karakter itu sendiri sesuai dengan keinginan.

Belakangan ini 'roleplay' menjadi perbincangan hangat di media sosial, sebuah istilah yang mungkin asing bagi beberapa orang. Menurut Anda, apa itu roleplay?

Tetapi tidak bagi gamers, mereka mungkin tidak asing dengan istilah roleplay ini. Definisi roleplay atau permainan peran dalam kamus Bahasa Inggris Oxford diartikan sebagai keadaan ketika perubahan perilaku seseorang untuk memenuhi peran sosial.

Secara sederhana, seseorang akan memerankan peran tertentu atau menjadi karakter, misalnya selebriti, tokoh terkenal atau idola. Outputnya adalah membuat sebuah cerita yang kolaboratif berdasarkan karakter yang diperankan.

Meski begitu, roleplay juga identik dengan genre video game yang tidak kalah populer dengan istilah roleplay yang dikenal di media sosial pada saat ini. Mau tahu istilah genre roleplay di video game? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Final Fantasy VII Remake Intergrade

Baca Juga: Link Download Genshin Impact Cloud APK Android, Ukuran atau Size Lebih Kecil!

Tentang genre roleplay di video game

Seperti ayng dikuti pdari Techopedia, dalam dunia game, genre roleplay atau role-playing game (RPG) memungkinkan pemain untuk mengontrol karakter fiksi yang melakukjan pencarian di dunia imajiner.

Secara tradisional game roleplay memiliki lima elemen dasar:

  1. Kemampuan untuk meningkatkan karakter selama permainan dengan meningkatkan statistik atau level.
  2. Sistem pertempuran berbasis menu dengan beberapa pilihan skill, spell, kekuatan aktif dan memiliki sistem inventory dengan barang-barang yang bisa digunakan, misalnya armor dan senjata.
  3. Misi utama atau quest yang berjalan di sepanjang permainan sebagai alur cerita dan misi sampingan tambahan atau side quest, biasanya juga ada misi opsional.
  4. Kemampuan untuk berinteraksi dengan elemen lingkungan atau alur cerita melalui skill tambahan, misalnya lockpick, melucuti perangkap, keterampilan komunikasi, dll.
  5. Adanya class atau job tertentu yang menentukan karakteristik, skill, ability dan spell dari suatu karakter. Misalnya wizard, thief, warrior, dll.

Seiring berjalannya waktu, genre roleplay di video game juga memiliki beberapa sub kategori. Sebut saja Action RPG, yang dikenal dengan beberapa judul populer, seperti Diablo, Zelda, Dark Souls dan lain-lain.

Strategy RPG juga menjadi sub kategori dari genre roleplay, yang menghadirkan elemen strategi alih-alih memerankan sebuah karakter. X-Com menjadi salah satu judul game populer dari sub kategori Strategy RPG.

Lebih sempit lagi ada Adventure RPG, sub kategori yang mungkin sangat digemari bagi gamer yang tidak menekankan narasinya, melainkan elemen aksi yang biasanya lebih ringan. 

Baca Juga: Kode Redeem Genshin Impact Masih Aktif Setelah Livestream 3.8, Klaim yang ini!

Satu lagi sub kategori yang mungkin populer bagi kebanyakan gamer adalah MMORPG yang merupakan kependekan dari Massively Multiplayer Online Role Playing Game. Beberapa judul game MMORPG yang populer adalah Ragnarok Online, RF Online, World of Warcraft , Dragon Nest dan masih banyak lagi.

Oh iya, JRPG atau Japanese Role-Playing Game juga menjadi genre yang umum dikenal bagi gamer. Definisi JRPG sendiri secara umum mengacu pada game-game yang memiliki nuansa khas Jepang dan tidak jarang dibuat serta dirilis oleh developer asal negara itu sendiri. Beberapa judul JRPG yang populer adalah Final Fantasy series, Dragon Quest series, 

Demikian penjelasan mengenai roleplay yang dapat Anda ketahui, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru