Rukun Iman Ada 6, Ini Urutan dan Penjelasannya

Selasa, 19 Juli 2022 | 09:49 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Rukun Iman Ada 6, Ini Urutan dan Penjelasannya

ILUSTRASI. Rukun Iman Ada 6, Ini Urutan dan Penjelasannya .Sumber Foto : masjidkubahemas.com


KONTAN.CO.ID - Rukun iman ada 6 dalam Islam. Penjelasan mengenai 6 rukun iman ini berdasarkan keterangan dari firman Allah surah An Nisa ayat 136.

Ayat tersebut menjelaskan kewajiban muslim untuk mengimani keberadaan 6 rukun iman. Allah SWT berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۚ وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah, Rasul-Nya dan kepada kitab (Al Quran) yang Allah turunkan kepada RasulNya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, rasul-rasulNya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya,"

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa iman adalah dengan meyakini dalam hati, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkan menggunakan perbuatan. Sementara, arti rukun iman adalah meyakini bahwa Nabi dan Rasul merupakan utusan Allah SWT diperintahkan untuk menyampaikan kabar gembira dan ancaman kepada manusia di bumi.

Lantas, seperti apa urutan rukun iman ada 6?

Baca Juga: 4 Kitab-kitab Allah dan Nabi penerimanya, dari kitab Taurat hingga Al-Quran

6 Rukun Iman 

Rukun Iman ada 6

Dirangkum dari laman Gramedia, berikut adalah penjelasan mengenai 6 rukun iman: 

1. Iman kepada Allah SWT

Rukun iman yang pertama adalah iman kepada Allah SWT. Dia merupakan pencipta di alam semesta, penguasa langit maupun Bumi serta Tuhan yang wajib disembah dengan sifat tidak beranak dan tidak diperanakkan.

Meyakini akan hadirnya Allah tidak hanya dengan kata-kata semata melainkan harus diwujudkan melalui tindakan. Caranya yaitu dengan amar ma’ruf dan nahi mungkar, maksudnya melakukan segala perintah serta menjauhi larangan yang menghantar ke jurang kesesatan.

Baca Juga: 4 Kitab-kitab Allah dan Nabi penerimanya, dari kitab Taurat hingga Al-Quran

2. Iman kepada para Malaikat

Selanjutnya, rukun iman adalah iman kepada para Malaikat. Malaikat adalah makhluk Allah yang diciptakan dari nur/ cahaya dan tidak diberikan nafsu. Oleh karenanya mereka selalu taat pada segala perintah serta ketetapan. 

Setidaknya terdapat 10 malaikat yang harus diyakini oleh umat Islam. Tapi, sebenarnya jumlah malaikat lebih dari 10. Malaikat bertugas sebagai perantara Allah. 

3. Iman kepada kitab-kitab Allah SWT

Rukun iman ketiga adalah iman kepada kitab-kitab Allah SWT. Allah menjelaskan ajaran-Nya melalui kitab diturunkan kepada para Rasul melalui perantara malaikat. 

Kitab-kitab ini sebagai pedoman dan pegangan hidup umat saat para Rasul sudah wafat. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kelalaian yang mengakibatkan terpecah belahnya akidah dan keyakinan mereka. 

Baca Juga: Arab Saudi akan buka layanan umrah untuk warga asing, ini jadwalnya

4. Iman kepada Nabi dan Rasul

Rukun iman keempat adalah iman kepada Nabi dan Rasul. Jumlah nabi dan rasul wajib diketahui yaitu sekitar 25 yang diturunkan pada umat dengan karakteristik masing-masing. 

Setidaknya terdapat 4 kitab suci diturunkan kepada mereka untuk bekal mengajarkan tauhid dengan meyakini bahwa Allah merupakan Tuhan wajib disembah.

5. Iman kepada hari akhir (kiamat)

Rukun iman kelima adalah iman kepada hari akhir atau kiamat. Sebagai seorang Muslim maka mereka wajib mengimani adanya hari akhir agar semangat dalam beribadah. 

Hari akhir juga menjadi bukti bahwa hari pembalasan benar adanya dan seluruh manusia harus mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Baca Juga: Bakal ada Masjid Apung pertama Jakarta yang letaknya di Ancol

6. Iman kepada Qadha dan Qadhar

Rukun iman keenam adalah iman kepada Qadha dan Qadhar. Menurut bahasa qadha berarti ketetapan yang sudah dituliskan sebelum manusia diciptakan. 

Catatan tersebut termuat dalam kitab Lauh Mahfudz mulai dari kehidupan, kebaikan, serta kematian. Sementara, qadhar adalah ketentuan atau kepastian. Sementara secara istilah yaitu penentuan yang pasti dan sudah ditetapkan oleh Allah SWT. 

Hal ini termasuk yang sedang terjadi maupun akan terlaksana nantinya. Oleh karenanya manusia dianjurkan untuk berdoa.

Demikian penjelasan mengenai rukun iman ada 6 dalam Islam, penjelasan, dan urutannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru