Sebaiknya Anda hindari, berikut 5 larangan saat haid

Kamis, 17 Desember 2020 | 18:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Sebaiknya Anda hindari, berikut 5 larangan saat haid


KESEHATAN - Ada beberapa larangan saat haid yang perlu Anda hindari. Siklus menstruasi menyebabkan perubahan hormon yang berpengaruh pada kondisi kesehatan Anda.

Dengan menghindari beberapa larangan saat haid, kesehatan Anda bisa tetap terjaga. Berikut beberapa larangan saat haid yang perlu Anda hindari:

Makanan asin dan produk olahan susu

Makanan asin, seperti kentang goreng, bisa memperparah gejala haid yang sedang Anda rasakan. Mulai dari memperparah nyeri perut dan membuat perut semakin kembung.

Maka dari itu, usahakan untuk mengurangi atau bahkan menghindari makanan asin selama menstruasi.

Selain makanan asin, bersumber dari Bustle.com, Anda sebaiknya tak mengonsumsi produk olahan susu dalam jumlah besar.

Sama seperti makanan asin, produk olahan susu dapat membuat perut kembung karena meningkatkan jumlah gas dalam tubuh. Jenis makanan ini juga dapat mengiritasi perut.

Baca Juga: Waspada, inilah 4 penyebab darah haid hitam

Memakai pembalut lebih dari empat jam

Larangan saat haid selanjutnya yang perlu Anda hindari adalah tidak mengganti pembalut lebih dari empat jam. Usahakan untuk mengganti pembalut setiap tiga hingga empat jam sekali.

Hal itu harus Anda lakukan bukan tanpa alasan. Mengganti pembalut bisa mencegah darah haid menempel di celana yang Anda pakai.

Tak hanya itu, menggunakan pembalut yang sama dalam jangka waktu lama bisa meningkatkan risiko infeksi. Sering mengganti pembalut juga menurunkan risiko penumpukan bakteri dan produksi bau yang tidak sedap.

Begadang

Dikutip dari Bustle.com, sebaiknya Anda untuk menghindari begadang. Apalagi, saat Anda menstruasi. Begadang menyebabkan waktu tidur Anda berkurang.

Hasilnya, produksi hormon kortisol atau hormon stres meningkat. Jika terus dibiarkan, keseimbangan hormon Anda akan semakin terganggu sehingga nyeri haid bisa semakin parah.

Baca Juga: Perut terasa nyeri? Inilah tanda-tanda haid yang bisa Anda alami

Kafein dan rokok

Salah satu larangan haid adalah rokok dan kafein.

Kafein adalah larangan haid selanjutnya yang perlu Anda hindari karena berpengaruh pada banyak hal. Konsumsi kafein saat menstruasi dapat memperparah rasa nyeri dan perut kembung karena mempersempit pembuluh darah.

Ada banyak sumber kafein yang perlu Anda hindari, seperti kopi, teh, atau cokelat. Hal yang sama juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Selain memperparah nyeri haid, merokok juga tak baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jadi, ada baiknya bagi Anda untuk menghentikan kebiasaan itu.

Selanjutnya: Ini penyebab dan gejala PCOS yang bisa Anda alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru