Sebaiknya Anda ketahui, ini ciri-ciri penyakit lambung

Jumat, 08 Oktober 2021 | 18:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Sebaiknya Anda ketahui, ini ciri-ciri penyakit lambung

KONTAN.CO.ID - Lambung adalah salah satu organ dalam tubuh Anda yang punya peranan cukup penting. Jika ada masalah, ciri-ciri penyakit lambung perlu Anda ketahui. Dengan begitu, perawatan yang dibutuhkan bisa Anda dapatkan.

Umumnya, gejala penyakit lambung yang Anda alami adalah muncul sensasi terbakar atau biasa disebut heartburn, nyeri dada, sakit perut. Tapi, gejala-gejala itu bisa berubah sesuai dengan jenis penyakit lambung yang Anda alami.

Apabila Anda merasakan beberapa kondisi tidak nyaman yang berkaitan dengan kesehatan lambung, usahakan untuk segera periksa ke dokter. Apalagi, jika gejala-gejala tersbeut muncul dalam jangka waktu yang relatif lama.

Tukak lambung

Tukak lambung adalah salah satu jenis penyakit yang bisa Anda alami. Mengutip dari Very Well Health, tukak lambung merupakan kondisi di mana dinding lambung mengalami erosi sehingga memunculkan luka.

Erosi tersebut terjadi karena infeksi bakteri. Selain orang dewasa, anak-anak pun juga mengalaminya. Jika terlambat ditangani, tukak lambung dapat mengakibatkan pendarahan yang cukup parah, sehingga bisa mengancam kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Baca Juga: Asam lambung naik? Ini penyebab dan cara mengatasinya

GERD

Ciri-ciri penyakit lambung akibat GERD adalah sakit perut, heartburn, dan lain-lain.

GERD atau gastroesophageal reflux disease merupakan salah satu jenis penyakit lambung yang cukup sering dialami banyak orang. Penyakit itu terjadi karena katup antara lambung dan saluran pencernaan atas tak berfungsi secara normal.

Akibatnya, asam lambung pun naik. Ciri-ciri penyakit lambung yang bisa terjadi adalah nyeri dada akibat heartburn, sakit tenggorokan, sakit perut, dan lain sebagainya. Kondisi itu bisa terasa semakin parah saat Anda selesai makan.

Gastroparesis

Very Well Health menyebutkan, gastroparesis sebagai penyakit lambung lain yang dapat Anda alami. Gastroparesis merupakan kondisi di mana sistem saraf di bagian lambung kesulitan untuk melakukan fungsinya.

Akhirnya, isi lambung membutuhkan waktu lebih lama untuk dikeluarkan.

Ciri-ciri penyakit lambung karena gastroparesis lebih banyak Anda alami jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang lain. Salah satunya adalah penyakit diabetes, baik diabetes tipe satu atau diabetes tipe 2.

Baca Juga: Tenggorokan sakit saat menelan? Berikut 5 penyebabnya

Kanker lambung

Salah satu ciri-ciri penyakit lambung adalah buang air besar berdarah.

Pertumbuhan dan perkembangan sel kanker bisa terjadi di mana saja, salah satunya adalah lambung. Beberapa gejala kanker yang dapat Anda alami adalah buang air besar berdarah, nafsu makan turun, demam, anemia, dan berat badan turun.

Selanjutnya: Saat asam lambung naik dan bikin kamu sesak napas, lakukan hal ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru