Sejarah Hari Lahir Pancasila Diperingati Setiap 1 Juni

Rabu, 01 Juni 2022 | 06:26 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Sejarah Hari Lahir Pancasila Diperingati Setiap 1 Juni

ILUSTRASI. Ilustrasi sejarah Hari Lahir Pancasila. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/rwa.


KONTAN.CO.ID - Sejarah Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni dimulai saat diperkenalkan pertama kali sebagai dasar negara oleh Ir. Soekarno pada sidang BPUPKI. 

Namun, tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila. Selain itu, Keppres tersebut juga menetapkan Hari Lahir Pancasila sebagai hari libur nasional. 

Maka setiap tanggal 1 Juni segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila sebagai panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Baca Juga: ​34 Twibbon Hari Lahir Pancasila 2022 dan Cara Pakainya di Media Sosial  

Nah, untuk tema peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 adalah “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”. Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 dilaksanakan dengan upacara secara hybrid (luring dan daring) untuk mendukung upaya pemerintah dalam mencegah, mengendalikan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 dilaksanakan secara terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Lantas, seperti apa sejarah Hari Lahir Pancasila yang diperingati tiap 1 Juni? 

Baca Juga: Jokowi Bertolak Menuju NTT untuk Menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Sejarah Hari Lahir Pancasila 1 Juni

Sejarah Hari Lahir Pancasila dimulai saat Ir. Soekarno pertama kalinya memperkenalkan Pancasila sebagai dasar negara dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) tanggal 1 Juni 1945. 

Sebelumnya, BPUPKI yang dipimpin oleh dr. KRT Radjiman Wedyodiningrat telah menyelenggarakan sidang yang pertama pada tanggal 29 Mei sampai dengan 1 Juni 1945 dengan agenda sidang membahas tentang dasar negara Indonesia merdeka.

Kemudian, pada  1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan ide serta gagasannya terkait dasar negara Indonesia, yang dinamai “Pancasila”. Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas. 

Baca Juga: Ini Daftar Tanggal Merah Bulan Juni 2022 dan Hari Besar Nasional serta Internasional

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru