Sejarah Harley-Davidson dan Harganya di Indonesia

Senin, 27 Februari 2023 | 16:09 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Sejarah Harley-Davidson dan Harganya di Indonesia

ILUSTRASI. Sejarah Harley-Davidson dimulai pada 1903 di Milwauke, Amerika Serikat oleh empat orang pemuda. REUTERS/Brian Snyder/File Photo


OTOMOTIF - Motor gede atau moge akhir-akhir ini ramai diperbincangkan lantaran kasus penganiayaan yang diduga dilakukan Mario Dandy Satriyo (20) terhadap anak pengurus GP Ansor, David (17). 

Mario Dandy Satrio adalah anak dari Kepala Bagian Umum Kanwil Ditjen Pajak Jakarta Selatan, Rafael Alun Trisambodo. Mario Dandy Satrio juga diketahui memiliki gaya hidup mewah melalui unggahan di akun sosial medianya. 

Seperti berfoto menggunakan motor gede Harley-Davidson maupun mengendari Rubicon. Namun, saat ini belum diketahui pasti siapa pemilik moge Harley-Davidson dan Rubicon yang dikendarai Mario Dandy.  

Lantas, bagaimana sejarah Harley-Davidson dan berapa harga Harley-Davidson di Indonesia? 

Baca Juga: ​Apa Itu Moge dan Berapa Harga Moge?

Sejarah Harley-Davidson

SejarahHarley-Davidson

Dirangkum dari laman Motorcycle.com, Harley-Davidson, Inc. adalah perusahaan induk dari Harley-Davidson Motor Company, Buell Motorcycle Company, dan Harley-Davidson Financial Services.

Harley-Davidson Motor Company memproduksi sepeda motor kelas berat dan menawarkan rangkaian lengkap suku cadang sepeda motor, aksesori, pakaian jadi, dan peralatan umum. Buell Motorcycle Company memproduksi lini sepeda motor sport.

Harley Davidson dikenal dengan motor gaya penjelajah (atau cruiser) kelas berat. Motor-motor produksi Harley-Davidson memiliki kapasitas mesin yang besar,  di kisaran 700-an sentimeter kubik (cc) dan 1000-an cc.

Baca Juga: Belasting Rijder, Klub Motor Dibubarkan Menkeu, Ini Direktur Ditjen Pajak Punya Moge

Sejarah Harley-Davidson dimulai pada 1903 di Milwauke, Amerika Serikat oleh empat orang pemuda. Pada 1901, William S Harley ingin memodifikasi sepeda miliknya untuk dipasangkan mesin. Usianya kala itu 21 tahun. 

Dua tahun kemudian, Harley ingin serius ke bisnisnya dengan menggandeng teman masa kecilnya, Arthur Davidson. Prototipe motor itu akhirnya berhasil mereka kerjakan dengan bantuan Henry Melk dan Walter Davidson, kakak Arthur Davidson. 

Namun, ternyata hal itu tidak berjalan mulus dan menghadapi banyak rintangan termasuk tidak dapat bergerak dalam tanjakan. Pada 1904, mereka mulai memasarkan Harley-Davidson dan akhirnya berkembang hingga sekarang.  

Baca Juga: Gara Gara Rubicon

Berikut adalah runtutan waktu terkait sejarah Harley-Davidson: 

  • 1901: William S. Harley, usia 21 tahun, menyelesaikan cetak biru mesin yang dirancang agar sesuai dengan sepeda.
  • 1903: Harley dan Arthur Davidson membangun Harley-Davidson yang diproduksi pertama kali pada 1903. Produk ini memiliki kapasitas mesin 116 cc. Harley dan Davidson bekerja di gudang berukuran 10 x 15 kaki di Chestnut Street (kemudian berganti nama menjadi Juneau Avenue) yang masih menjadi alamat kantor pusat Harley-Davidson.
  • 1904: Dealer Harley-Davidson pertama, C.H. Lang of Chicago, terbuka untuk pemasaran.
  • 1906: Sebuah pabrik baru berukuran 28 x 80 kaki dibangun di Chestnut Street. Perusahaan telah berkembang dengan memiliki enam karyawan. 
  • 1907: William A. Davidson bergabung dengan firma tersebut. Harley-Davidson Motor Company didirikan, dengan saham yang dimiliki bersama oleh Harley dan tiga bersaudara Davidson.
  • 1908: Walter Davidson mencetak 1.000 poin sempurna pada Kontes Ketahanan dan Keandalan Federasi Pengendara Sepeda Motor Amerika Tahunan ke-7. 
  • 1910: Logo 'Bar & Shield' digunakan untuk pertama kalinya pada tahun 1910 dan menjadi merek dagang satu tahun kemudian.
  • 1912: Harley-Davidson mulai mengekspor sepeda motor ke Jepang. Perusahaan ini memiliki lebih dari 200 dealer di seluruh Amerika.

Baca Juga: Jabatan Dicopot, Rafael Alun Keluar dari PNS Ditjen Pajak, Harta Kekayaan Rp 56 M

Harley-Davidson juga memainkan peran penting dalam sejarah Amerika. Perusahaan memproduksi lebih dari 20.000 sepeda motor untuk militer AS selama Perang Dunia I. 

Dan sebagai salah satu dari dua perusahaan sepeda motor Amerika yang selamat dari Depresi Hebat, Harley-Davidson juga memainkan peran penting dalam Perang Dunia II. 

Perusahaan memproduksi lebih dari 90.000 sepeda motor untuk digunakan dalam perang. Harley-Davidson dianugerahi dua Penghargaan "E" Angkatan Darat-Angkatan Laut untuk Keunggulan dalam Produksi, sebagai penghargaan atas upaya mereka selama perang.

Selama 115 tahun, Harley-Davidson telah berkembang dari awalnya yang sederhana menjadi ikon Amerika. Demikian sejarah Harley-Davidson. 

Baca Juga: Saatnya Berburu Hunian & Kendaraan Impian dengan Bunga Spesial di BCA Expoversary2023

Harga Harley-Davidson di Indonesia 

Harga Harley Davidson

Dirangkum dari beberapa situs jual beli online di Indonesia pada Senin (27/2/2023), berikut adalah harga Harley-Davidson di Indonesia: 

  • Harley-Davidson Street 500 Sepeda Motor (VIN 2019): Rp 294 juta 
  • Harley-Davidson Street Glide Special (2023): Rp 926 juta
  • Harley-Davidson Ulta Limited (2023): Rp 999 juta 
  • Harley-Davidson Forty Eight (2023): Rp 484 juta 
  • Harley-Davidson Road Glide Ultra (2023): Rp 926 juta
  • Harley-Davidson Street Glide (2023): Rp 1,16 Miliar
  • Harley-Davidson Breakout (2023): Rp 676 juta. 

Demikian sejarah Harley-Davidson dan harga Harley-Davidson di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru