Semua orang mengalami, ini 4 penyebab telinga gatal

Rabu, 02 Desember 2020 | 19:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Semua orang mengalami, ini 4 penyebab telinga gatal

KONTAN.CO.ID - Telinga gatal merupakan salah satu kondisi yang pernah dialami oleh semua orang. Anda perlu mengetahui penyebab telinga gatal biar bisa mengatasinya secara tepat.

Sebab, Anda tidak boleh sembarangan memasukkan benda ke lubang telinga untuk menghilangkan rasa gatal tersebut. Dengan mengetahui penyebab telinga gatal berikut, Anda bisa mengatasinya secara tepat:

Penumpukan kotoran telinga

Telinga merupakan salah satu bagian tubuh yang bisa membersihkan kulit mati dan kotorannya sendiri. Meski demikian, ada suatu kondisi di mana fungsi tersebut tidak bisa berjalan secara normal sehingga kotoran telinga menumpuk.

Sebaiknya, jangan langsung membersihkan kotoran telinga yang menumpuk dengan kapas karena bisa membuat kotoran telinga semakin masuk ke dalam. Anda bisa mencoba membersihkannya dengan obat tetes yang dijual di apotek. 

Namun, Anda juga tak boleh membersihkan telinga secara berlebihan karena rasa gatal bisa menyerang. Jika telinga gatal tak kunjung hilang dalam beberapa waktu, segera konsultasikan ke dokter.

Baca Juga: Catat, inilah 3 penyebab telinga berdenging

Infeksi

Mengutip dari Web MD, telinga gatal bisa jadi salah satu tanda ada infeksi virus atau bakteri. Tak hanya itu, air yang masuk ke telinga, misalnya, setelah berenang, bisa menyebabkan hal yang sama.

Penyebabnya, bagian dalam telinga kehilangan kemampuan alami untuk melawan kuman. Rasa gatal bisa Anda atasi dengan mengobati infeksi yang Anda alami. Biasanya, dokter akan meresepkan obat tetes telinga hingga antibiotik sesuai dengan kondisi Anda.

Alergi

Penyebab telinga gatal selanjutnya adalah alergi. Ada banyak hal yang bisa membuat Anda alergi. Mulai dari produk kecantikan, aksesoris yang terbuat dari plastik, karet, dan metal, hingga alergen-alergen lainnya.

Sama seperti infeksi, rasa gatal akibat alergi bisa disembuhkan jika Anda mengetahui apa yang membuat Anda alergi. Setelah Anda memeriksakan diri ke dokter, Anda akan mendapat resep krim steroid untuk mengurangi rasa gatal yang terjadi di telinga Anda.

Baca Juga: Kehilangan pendengaran jadi gejala baru infeksi Virus Corona? Cek faktanya

Eksim

Web MD menyebutkan, eksim adalah salah satu masalah kulit yang bisa menyebabkan rasa gatal di telinga. Anda bisa mengatasinya dengan memakai obat tetes telinga.

Untuk kasus yang lebih parah, masalah tersebut dapat Anda obati dengan mengonsumsi pil steroid yang diresepkan dokter.

Selanjutnya: Tinnitus bisa semakin parah karena infeksi Virus Corona

Editor: Belladina Biananda
Terbaru