Tahukah Anda ini buah apa? Kenali 5 Manfaatnya untuk wajah

Minggu, 07 November 2021 | 08:30 WIB   Reporter: Rizka Noveliana
Tahukah Anda ini buah apa? Kenali 5 Manfaatnya untuk wajah

KONTAN.CO.ID - Bagi sebagian orang sea buckthron cukup asing didengar. Kini, sea buckthron sering dijadikan sebagai bahan utama produk skincare seperti face wash. Sea buckthron adalah buah yang berwarna orange dan berukuan kecil, biasanya dijadikan sebagai obat penyakit kulit dan mengatasi luka bakar. 

Sea buckthron mempunyai banyak kandungan yang baik untuk kulit seperti sumber asam lemak, kaya akan antioksidan dan vitamin C, terdapat sifat anti-inflamasi dan juga mengandung vitamin E.

Jika Anda tertarik mengetahui sea buckthron lebih jauh, inilah manfaat sea buckthron untuk kulit wajah yang sudah dilansir dari evamuliaclinic.com, yaitu: 

1. Melembabkan Kulit

Manfaat sea buckthron untuk wajah adalah bisa melembabkan kulit. Sea buckthron menjadi sumber asam lemak omega 3, 6 dan 9. Asam lemak tersebut, seperti asam oleat (omega-9) dan asam linoleat (omega-6) yang berfungsi untuk memperkuat skin barrier, mengunci bahkan mencegah hilangnya kelembaban pada kulit.

Semua asam lemak tersebut juga bisa meningkatkan hidrasi secara umum untuk kulit. Anda bisa memilih produk skincare berbahan sea buckthorn, jika memiliki kulit wajah yang cenderung kering. 

2. Menjaga Elastisitas Kulit

Selanjutnya, manfaat sea buckthron untuk wajah yaitu menjaga elastisitas kulit. Sea buckthron memiliki warna orange yang berasal dari beta karoten, dimana memiliki konsentrasi lebih tinggi dibandingkan dengan labu atau aprikot.

Selain itu, Sea buckthron juga menjadi sumber antioksidan yang tinggi dan kaya akan vitamin C, bahkan 15 kali lebih banyak dari jeruk. Kandungan dari sea buckthron ini mampu meningkatkan produksi kolagen, sehingga elastisitas kulit tetap terjaga, halus dan terlihat awet muda.

Baca Juga: Hasil Ligue 1 Bordeaux vs PSG: Les Parisiens libas Les Girondins 2-3

3. Mengatasi Jerawat

Sea buckthron juga mampu mengatasi masalah jerawat. Sea buckthron oil bisa membantu menyeimbangkan kondisi kulit. Hal tersebut dikarenakan sea buckthron memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri membantu menyembuhkan jerawat, menenangkan kulit, serta mencegah terjadinya breakout yang disebabkan oleh jerawat. Selain itu, Sea buckthron mempunyai tekstur yang ringan sehingga tidak menyumbat pori-pori wajah.

4. Meregenerasi Sel-Sel Kulit

Manfaat sea buckthron untuk wajah selanjutnya adalah mampu meregenerasi sel-sel kulit. Sea buckthorn bersifat anti-oksidan yang mampu meningkatkan produksi kolagen untuk mengurangi keriput dan garis-garis halus pada wajah.

Selain itu, Sea buckthorn juga mengandung Vitamin E yang cukup tinggi dan bisa mengurangi bekas luka pada kulit. Selanjutnya, sifat anti-inflamasi di dalam sea buckthorn juga mampu menyembuhkan kulit yang meradang akibat terbakar sinar matahari.

5. Menyembuhkan Luka Bakar

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, sea buckthron memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan luka bakar pada kulit. Ternyata sea buckthorn juga mampu mendorong pertumbuhan sel epitel kulit dan mukosa yang rusak oleh luka bakar. Sehingga, kandungan sea buckthron tidak diragukan lagi sebagai obat luka bakar kulit.

Selanjutnya: Bisa mencegah ruam kulit, ini 3 manfaat cherimoya untuk wajah

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru