Tak banyak Anda sadari, berikut 4 penyebab ketombe

Rabu, 05 Mei 2021 | 20:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak banyak Anda sadari, berikut 4 penyebab ketombe


KESEHATAN - Ketombe adalah kulit kepala mengelupas dan berwarna putih. Salah satu cara efektif mengatasi hal itu adalah dengan mengetahui penyebab ketombe.

Meski tidak menular, ketombe perlu segera Anda atasi supaya kondisi kesehatan tetap terjaga. Ada banyak orang yang percaya bahwa ketombe muncul akibat kulit kepala kering.

Namun, hal itu tidak benar sepenuhnya. The Healthy menyebutkan, ketombe bisa muncul akibat pertumbuhan jamur di kulit berminyak.

Ketombe bisa Anda atasi dengan berbagai macam produk yang dijual di pasaran. Memanfaatkan bahan-bahan alami juga bisa Anda jadikan pilihan.

Namun, cara menghilangkan ketombe itu bisa sia-sia jika Anda tidak mengatasi penyebabnya secara menyeluruh.

Jarang mencuci rambut

Mencuci rambut dengan sampo secara berlebihan memang tidak baik karena bisa menghilangkan minyak alami rambut. Namun, jarang mencuci rambut juga memberikan hasil serupa.

Saat rambut jarang dibersihkan, ada banyak kotoran yang menyebabkan ketombe semakin parah. Maka dari itu, usahakan untuk mencuci rambut secara rutin.

Usahakan pula untuk benar-benar membilas sampo secara menyeluruh agar tidak ada kotoran yang tertinggal di rambut dan kulit kepala. Untuk memilih sampo yang tepat, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter.

Baca Juga: Tidak hanya stres, ini penyebab rambut rontok

Menggunakan produk penata rambut

Penyebab ketombe lainnya yang perlu Anda hindari adalah pemakaian produk rambut yang berlebihan. Kurangi pemakaian pomade atau produk lain karena bisa memperparah ketombe.

Bahan-bahan tersebut membuat minyak di kulit kepala terperangkan. Akhirnya, kulit kepala gatal dan ketombe pun sulit hilang.

Stres

Stres termasuk salah satu penyebab ketombe yang tak banyak disadari.

Stres jadi penyebab ketombe berikutnya yang bisa Anda alami. Produksi minyak meningkat saat stres sehingga ketombe dan jamur pun bertambah.

Selain meningkatkan produksi minyak, stres juga mampu menurunkan sistem imun tubuh. Jadi, usahakan untuk mengatur stres dengan baik, ya.

Baca Juga: 5 Bahan alami yang bisa Anda jadikan obat kutu rambut

Tidak mengonsumsi makanan bergizi

Selain beberapa hal di atas, tidak mengonsumsi makanan bergizi yang cukup juga bisa menyebabkan kemunculan ketombe. Mengutip dari The Healthy, ada beberapa makanan yang justru memperparah ketombe yang sedang Anda alami.

Salah satunya adalah makanan yang dipenuhi lemak, seperti keju. Jenis makanan itu dapat meningkatkan produksi minyak dan inflamasi sehingga ketombe semakin parah.

Alih-alih mengonsumsi makanan tinggi lemak, konsumsilah makanan yang mengandung zinc dan vitamin B.

Selanjutnya: 4 Penyebab rambut rontok ini tak banyak disadari, apa saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru