Tak hanya sesak nafas, ini 9 tanda sakit jantung lainnya

Sabtu, 18 September 2021 | 15:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak hanya sesak nafas, ini 9 tanda sakit jantung lainnya

KONTAN.CO.ID - Tanda sakit jantung tak hanya nyeri dada. Masih banyak gejala lainnya yang perlu Anda perhatikan untuk mendapat perawatan yang sesuai.

Anda bisa mengalami berbagai jenis penyakit jantung. Mulai dari serangan jantung, penyakit arteri koroner, gagal jantung, aritmia, hingga penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Setiap penyakit membutuhkan bentuk perawatan yang berbeda-beda.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami satu atau beberapa gejala penyakit jantung di bawah ini. Nantinya, bentuk perawatan yang Anda butuhkan disesuaikan dengan hasil pemeriksaan dan gejala-gejala yang dirasakan.

Sesak napas

Sesak napas jadi salah satu kondisi yang bisa dialami oleh banyak orang. Sayangnya, hal itu bisa jadi ciri-ciri penyakit jantung jika terjadi saat Anda tidak melakukan banyak aktivitas. Mengutip dari Single Care, penyakit arteri koroner dan gagal jantung bisa ditandai oleh kondisi itu.

Baca Juga: Penyebab dan cara mengecilkan perut buncit pada pria dan wanita secara alami

Gangguan tidur

Gangguan tidur jadi salah satu dari 9 tanda sakit jantung yang dapat Anda alami. Gangguan tidur yang dimaksud adalah mendengkur, sering terbangun saat tidur, atau sleep apnea. Kondisi itu terjadi karena aliran darah yang tidak lancar mengganggu sistem dalam tubuh secara keseluruhan.

Sakit di bagian tubuh lain

Tidak hanya nyeri dada, rasa sakit juga terjadi di bagian tubuh yang lain. Misalnya, pundak, lengan, leher, perut, rahang, dan lain-lain. Jika Anda mengalami kondisi tersebut dalam jangka waktu lama, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya.

Batuk

Batuk masuk dalam daftar 12 tanda sakit jantung yang wajib Anda waspadai. Biasanya, gagal jantung memicu penumpukan lendir di paru-paru. Nah, hal itulah yang membuat Anda batuk secara terus-menerus.

Pembengkakan

Pembengakakan di bagian kaki bisa jadi salah satu tanda penyakit jantung.

Pembengkakan, apalagi di bagian kaki, jadi gejala sakit jantung berikutnya yang perlu Anda perhatikan. Sama seperti batuk, pembengkakan bisa terjadi karena Anda mengalami gagal jantung.

Pusing

Supaya penyakit jantung dapat teratasi dengan cepat dan tepat, sebaiknya waspadai pusing yang sering Anda alami. Pusing karena penyakit jantung terjadi karena aliran darah terganggu. Kondisi itu lebih sering terjadi saat Anda berdiri secara tiba-tiba.

Baca Juga: Jangan lagi diabaikan, inilah gejala darah tinggi parah yang banyak terjadi

Kelelahan ekstrem

Ada banyak faktor yang menyebabkan Anda lelah. Namun, jika kelelahan terus Anda alami meski Anda tak melakukan banyak kegiatan, cobalah untuk mengonsultasikan hal itu ke dokter. Bisa saja kelelahan yang Anda rasakan terjadi karena masalah pada jantung.

Tubuh terasa lemah

Tak hanya lelah, Single Care menyebutkan, Anda tubuh Anda bisa sering terasa lemah karena penyakit jantung. Biasanya, tubuh yang terasa lemah dibarengi dengan gejala yang lain, seperti sesak napas.

Denyut jantung berubah

Ciri-ciri penyakit jantung lainnya adalah denyut jantung yang sering berubah atau tidak normal atau biasa disebut palpitasi. Meski bisa disebabkan karena kafein, palpitasi yang terjadi sat Anda tak melakukan kegiatan apa pun bisa disebabkan oleh penyakit jantung.

Selanjutnya: Kenali 4 tanda awal gejala diabetes yang harus diwaspadai

Editor: Belladina Biananda
Terbaru