Tak Hanya Vitamin D, Ini 7 Manfaat Berjemur Sinar Matahari Pagi secara Rutin

Selasa, 19 Desember 2023 | 10:54 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Tak Hanya Vitamin D, Ini 7 Manfaat Berjemur Sinar Matahari Pagi secara Rutin

ILUSTRASI. Tak Hanya Vitamin D, Ini 7 Manfaat Berjemur Sinar Matahari Pagi secara Rutin. KONTAN/Fransiskus Simbolon


EDUKASI - JAKARTA. Simak manfaat sinar matahari di pagi hari yang menyehatkan tubuh. Penelitian terkait manfaat sinar matahari sudah banyak dibuktikan baik untuk aktivitas hormonal.

Sinar matahari pagi telah lama diakui sebagai sumber energi yang esensial, memainkan peran penting dalam mengatur jam internal tubuh dan memberikan dampak positif pada sejumlah aspek kehidupan kita.

Sehingga, penting untuk mengetahui manfaat yang terkandung dalam paparan sinar matahari pagi, dan bagaimana mengintegrasikannya ke dalam rutinitas pagi dapat membawa perubahan positif bagi kualitas hidup dan kesehatan secara keseluruhan.

Untuk itu, ketahui beberapa cara membiasakan berjemur sinar matahari dengan tips sehat berikut ini.

Baca Juga: 7 Penyebab Rasa Haus Berlebihan saat Sudah Minum Air Banyak, Waspada Diabetes

Cara membiasakan berjemur matahari

PNS berjemur tangkal corona

Anda bisa membuat jadwal rutin untuk beraktivitas di pagi hari dengan langkah berikut:

  • Sesuaikan jadwal Anda: Mulailah dengan menetapkan hari-hari kapan Anda dapat menikmati sinar matahari pagi. Jika rutinitas harian terasa terlalu menuntut, jangan khawatir. Pilih beberapa hari tertentu yang cocok dengan jadwal dan tingkat energi Anda. Ingatlah bahwa fleksibilitas adalah kunci. Saat suatu hari tidak memungkinkan, Anda dapat merencanakan ulang untuk hari berikutnya. Namun, upayakan untuk tidak absen lebih dari dua hari secara beruntun. Ini dapat menghambat pembentukan kebiasaan positif dalam jangka panjang.
  • Tentukan waktu dan durasi: Tentukan durasi tertentu untuk waktu di luar ruangan Anda dan tetapkan waktu awal yang konsisten. Memiliki slot waktu yang telah ditentukan akan membuatnya lebih mudah untuk dijalankan. Sertakan kegiatan berjemur di sinar matahari pagi dalam kalender atau perencanaan Anda. Anggaplah itu sebagai janji penting yang layak untuk ditepati sepenuhnya.
  • Pilih pakaian yang sesuai: Persiapkan diri Anda dengan pakaian yang sesuai untuk berbagai kondisi. Ingatlah, bahkan saat cuaca mendung, paparan sinar matahari tetap memberikan manfaatnya. Tantang diri Anda untuk melihat variasi cuaca sebagai kesempatan untuk menikmati alam dengan cara yang berbeda.
  • Pakai sunscreen: Meski pagi hari sinar UV masih tergolong rendah, pastikan untuk menggunakan sunscreen agar kulit tetap terjaga.

Seteleh mengetahui berbagai langkah membiasakan berjemur di bawah sinar matahari pagi, Anda bisa mengenal lebih jauh manfaatnya untuk kesehatan.

Baca Juga: 5 Vitamin dalam Masa Pertumbuhan Anak, Catat Sumber Makanan Ini

Manfaat sinar matahari pagi

Nah, saat mendapatkan sinar matahari saat bangun tidur, terutama di pagi hari, memberikan sejumlah manfaat penting bagi kesejahteraan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa manfaat sinar matahari pagi yang baik untuk kesehatan dilansir dari BetterUp.

1. Perbaiakan Irama Sirkadian

Sinar matahari membantu mengatur kembali siklus tidur-bangun tubuh, yang mendukung kualitas tidur yang lebih baik dan meningkatkan kewaspadaan di siang hari.

2. Kontrol Melatonin

Cahaya pagi mengurangi produksi hormon melatonin, yang membuat seseorang lebih terjaga dan penuh energi di siang hari.

3. Peningkatan Serotonin

Paparan sinar matahari memicu pelepasan serotonin, neurotransmitter yang berperan dalam meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental.

4. Vitamin D

Cahaya alami membantu tubuh menghasilkan vitamin D, yang esensial untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh dan tulang. Bayi yang dalam masa pertumbuhan tentu bisa mendapatkan asupan vitamin D dengan menerapkan cara sehat ini.

5. Peningkatan kewaspadaan

Sinar matahari pagi dapat meningkatkan kinerja kognitif, meningkatkan fokus, dan membantu menjaga kewaspadaan mental. Bagi Anda yang melakukan pekerjaan dengan konsentrasi tinggi memerlukan paparan sinar matahari pagi hari.

6. Pola Tidur

Dengan mendapatkan sinar matahari di pagi hari membantu mengatur pola tidur, memberikan kontribusi pada tidur yang lebih nyenyak dan teratur di malam hari.

Bila Anda menderita insomnia atau gangguan tidur lain, cobalah untuk berjemur di pagi hari agar mendapatkan pada malam harinya.

7. Peningkatan Suasana Hati

Paparan sinar matahari pagi terbukti meningkatkan suasana hati dan dapat mengurangi gejala depresi. Tentu, saat Anda melakukan untuk berjemur setiap hari bisa memperbaiki mood secara bertahap.

8. Kesehatan Secara Keseluruhan

Sinar matahari terkait dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk peningkatan kadar vitamin D, regulasi tekanan darah, dan dukungan untuk kesehatan kulit.

Meskipun manfaat ini signifikan, perlu diingat untuk tetap memperhatikan keamanan paparan sinar matahari dan menghindari paparan berlebihan yang dapat berdampak buruk pada kulit. Selalu lakukan paparan sinar matahari dengan bijak.

Itulah beberapa langkah dan panduan untuk mendapatkan manfaat sinar matahari pagi yang bisa Anda terapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru