Termurah hingga Termahal, Ikan Hias Akuarium Ini Bisa Hidup Lama

Jumat, 29 April 2022 | 08:30 WIB Sumber: The Spruce Pets
Termurah hingga Termahal, Ikan Hias Akuarium Ini Bisa Hidup Lama


KONTAN.CO.ID - Apakah Anda suka memelihara ikan? Meski ini adalah salah satu hewan peliharaan paling mudah dirawat, kebanyakan ikan hanya dapat hidup singkat selama beberapa tahun saja. Terutama ikan hias yang dipelihara di dalam akuarium.

Bila sudah terlanjur cinta, pasti akan berat melepaskan. Rata-rata ikan hias akuarium memiliki batas hidup hingga 5 tahun saja.

Umumnya, ikan yang lebih besar memiliki umur yang lebih panjang daripada ikan yang lebih kecil. Oleh karena itu, banyak yang bertanya jenis ikan hias apa yang berumur panjang dan cocok dipelihara dalam akuarium? Nah, berikut rekomendasinya untuk Anda.

Neon Tetra

Siapa yang mengira ikan neon tetra yang kecil ini dapat hidup lama? Meski ukuran dewasanya hanya mencapai 4 cm, ikan neon tetra ini diperkirakan dapat hidup selama 5-10 tahun.

Tentu saja ini diimbangi dengan perawatan yang baik dan tepat. Neon tetra memiliki tubuh berbentuk torpedo ramping dan memiliki warna bergaris biru neon cerah. Garis ini menjadi keunikan ikan ini karena dapat terlihat dalam gelap. Kendati demikian, harga ikan ini cukup murah dipasaran loh, hanya sekitar Rp 2.000-an saja.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Ikan Hias Akuarium yang Stres

Ikan Mas Koki

Ikan mas koki merupakan ikan hias yang populer dipelihara. Rata-rata memiliki corak warna kombinasi kuning, oranye, dan putih.

Perawatannya pun cukup mudah dan tak membutuhkan tempat akuarium yang terlalu besar. Ikan mas koki juga berumur panjang hingga puluhan tahun. Salah satu rekor umur terpanjang usia ikan mas koki adalah 45 tahun yang dipelihara oleh Evans Family di Inggris. Harga ikan mas koki ini sekitar Rp 20.000- Rp 100.000.

Ikan Koi

Selain di kolam, ikan koi juga dapat dipelihara di dalam akuarium yang besar. Meski termasuk ikan yang mahal, ikan koi ini bisa hidup selama 25-30 tahun, tetapi dengan perawatan yang baik dan berpengalaman di dalam kolam dapat hidup hingga 50 tahunan. Bahkan di Jepang, ada ikan koi bernama Hanako yang hidup sampai 200 tahun. Beberapa laporan banyak mengatakan ikan koi dapat hidup lebih lama dari pemiliknya. Tak heran ikan koi banyak dicari untuk dipelihara karena alasan ini. Harga untuk seekor ikan mas koi mencapai harga ratusan ribu rupiah.

Diskus

Ikan diskus adalah salah satu ikan akuarium yang menakjubkan. Mereka adalah ikan dengan banyak varian warna yang sangat cantik untuk akuarium Anda. Dilansir dari The Spruce Pets, dilihat dari depan diskus sangat titpis untuk ukuran mereka, tetapi dari samping, mereka hampir bulat. Lebarnya sekitar 15-20 cm yang ternyata setara dengan lama umurnya yang bisa mencapai 15-20 tahun. Harga untuk seekor ikan diskus cukup beragam. Semakin indah jenisnya akan semakin mahal hingga ratusan ribu rupiah.

Loach Badut

Ikan loach badut atau ikan botia badut adalah ikan berwarna kuning yang memiliki corak garis hitam seperti ikan badut pada umumnya. Mereka juga memiliki sungut kumis dan hidung yang runcing.  Pergerakannya cukup aktif di akuarium, tetapi mereka bisa hidup berdampingan dengan spesies lain. Umurnya juga panjang hingga mencapai 15 tahun. Harganya cukup terjangkau kok, sekitar Rp 60.000-Rp 125.000 per ekor.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Tanaman Terapung Terbaik untuk Akuarium

Arwana

Hingga saat ini, arwana tetap menjadi pilihan terbaik sebagai ikan hias dalam akuarium.  Ada berbagai macam jenis dan warna yang menawan, tak heran bila harganya cukup fantastif. Ikan ini juga memiliki keistimewaan yakni memiliki usia yang relative panjang. Ikan arwana biasanya dapat hidup selama 20 tahun lebih. Semakin tua akan semakin mahal harganya. Bahkan bisa mencapai ratusan juta, loh!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru