Tips Membangun Relasi bagi Mahasiswa, Ini Manfaatnya

Rabu, 29 Desember 2021 | 13:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Tips Membangun Relasi bagi Mahasiswa, Ini Manfaatnya

ILUSTRASI. Tips membangun relasi bagi mahasiswa, ini manfaatnya.

KONTAN.CO.ID - Membangun relasi bagi mahasiswa merupakan sesuatu yang penting dan sangat bermanfaat. Relasi merupakan salah satu faktor pendukung untuk meraih kesuksesan. 

Sebetulnya, tidak hanya mahasiswa yang harus membangun relasi seluas-luasnya, tetapi semua orang harus melakukan hal tersebut.

Selain karena manusia sebagai makhluk sosial, dengan relasi yang luas dan baik akan membuat kehidupan sosial menjadi lebih damai. 

Lalu, membangun relasi bagi mahasiswa bisa bermanfaat untuk informasi lowongan kerja, informasi kuliah, dan manfaat lain yang bisa membantu kelak. 

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membangun relasi bagi mahasiswa:

1. Ikut Organisasi BEM atau Hima

Mengikuti organisasi di kampus, baik Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) maupun Himpunan Mahasiswa (Hima), merupakan salah satu cara membangun relasi sejak dini di kampus. 

Hal tersebut tentu sangat bermanfaat karena dapat menambah relasi di ruang lingkup kampus. Selain belajar berorganisasi, Anda juga akan cukup populer di kampus karena aktif sebagai mahasiswa. 

Selain itu, biasanya organisasi mahasiswa akan sering berinteraksi lebih dengan para dosen dan tendik kampus lainnya. Hal tersebut menjadi poin tambahan membangun relasi yang baik. 

Baca Juga: 7 Cara membuat CV dengan baik agar dilirik perusahaan, efektif bagi fresh graduate

2. Ikut UKM 

Tips membangun relasi selanjutnya adalah ikut Unit Kegiatan Mahasiswa. UKM hampir mirip dengan BEM atau Hima.

Tapi, UKM biasanya lebih spesifik sesuai dengan bidang tertentu, misalnya, sepak bola, basket, kesenian, paduan suara, pers mahasiswa, dan masih banyak lagi. 

Biasanya, UKM ini lebih menjalin relasi dengan antaruniversitas. Hal tersebutlah yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun relasi saat menjadi mahasiswa selain mendapatkan pengalaman selama aktif di UKM. 

3. Magang 

Magang juga merupakan salah satu tips membangun relasi untuk para mahasiswa. Hal ini sangat disarankan karena dengan magang anda bisa menjalin langsung perusahaan yang mungkin jadi tempat kerja kelak. 

Pilihlah perusahaan yang anda inginkan dan lakukan magang di berbagai perusahaan agar kalian relasi kalian menjadi lebih luas. 

Tidak hanya relasi, biasanya jika kinerja anda saat magang bagus anda akan direkrut menjadi menjadi pegawai setelah lulus atau bahkan saat masih aktif kuliah.

Baca Juga: 4 Situs penyedia lowongan pekerjaan resmi dan paling banyak diminati

Editor: Ryan Suherlan
Terbaru