Urutan 10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Ada 3 di Papua

Senin, 06 Maret 2023 | 11:22 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Urutan 10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Ada 3 di Papua

ILUSTRASI. Gunung Rinjani yang terletak di bagian utara Pulau Lombok adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/rwa.


CARI TAHU - Ada urutan 10 gunung tertinggi di Indonesia. Puncak gunung tertinggi di Indonesia bernama Puncak Jaya atau juga dikenal dengan Cartenz Pyramid yang berada di Provinsi Papua. 

Bahkan, Puncak Jaya masuk dalam daftar Seven Summits atau tujuh puncak tertinggi di dunia. Banyaknya gunung di Indonesia bisa menjadi destinasi sport tourism bagi wisatawan yang menyukai tantangan. 

Sport tourism adalah wisata yang mengkombinasikan antara olahraga dan pariwisata. Salah satu jenis sport tourism yang punya banyak penggemar adalah mendaki gunung. Lantas, gunung apa saja yang masuk dalam 10 urutan gunung tertinggi di Indonesia? 

Baca Juga: 10 Daftar Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Anda Datangi

Urutan 10 gunung tertinggi di Indonesia 

Gunung Semeru masuk dalam urutan 10 gunung tertinggi di Indonesia

Dirangkum dari laman Gramedia.com dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berikut adalah urutan 10 gunung tertinggi di Indonesia:

1. Punjak Jaya atau Carstensz Pyramid – Papua

Puncak tertinggi di Indonesia bernama Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid di Papua. Puncak Jaya Wijaya masuk pegunungan Barisan Sudirman yang memiliki ketinggian 4.884 mdpl dengan dikelilingi gletser bernama gletser Carstensz

Baca Juga: Badai Musim Dingin Ekstrem Mengancam Sejumlah Wilayah AS

Gletser tersebut adalah gletser tropika satu-satunya yang dimiliki Indonesia karena jumlah gletser yang lain mulai menipis akibat pemanasan global yang semakin parah.

Selain menjadi puncak tertinggi di Indonesia, Carstensz Pyramid juga dinobatkan sebagai salah satu dari World Seven Summits.

Untuk mencapai puncak Seven Summit Indonesia ini, pendaki harus memiliki keahlian panjat tebing yang mumpuni. Jalur pendakian untuk mencapai puncak Carstensz Pyramid ada dua, yakni dari Ilaga dan Sugapa.

Baca Juga: EIGER & WIR Group Hadir di World Economic Forum 2023 Swiss Sebagai Langkah Global

2. Puncak Mandala – Papua

Urutan gunung tertinggi kedua di Indonesia adalah Puncak Mandala. Puncak Mandala memiliki ketinggian 4.760 mdpl. 

Puncak Mandala masih diselimuti gletser salju karena masih berada di deretan pegunungan Jaya Wijaya meskipun saat ini volumenya sudah mulai berkurang karena faktor pemanasan global. 

Jalur pendakian untuk sampai ke Puncak Mandala ini cukup terjal dan berbahaya. Hal tersebut sudah diakui oleh para pendaki profesional, baik pendaki dalam negeri maupun pendaki dari luar negeri.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Alam yang Wajib Anda Kunjungi di 2023

3. Puncak Trikora – Papua

Urutan gunung tertinggi di Indonesia ketiga adalah Puncak Trikora yang masih berada di Papua. Puncak Trikora berada pada ketinggian 4.750 mdpl yang dianggap oleh sebagian pendaki memiliki jalur pendakian yang lebih sulit dibandingkan Carstensz. 

Untuk sampai ke Puncak Trikora, pendaki akan melewati jalur pendakian yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Lorents yang masuk dalam situs warisan dunia UNESCO atau melalui jalur Wamena.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di 2023, Termasuk Lombok, Indonesia

4. Gunung Kerinci – Jambi, Sumatra Barat

Gunung Kerinci masuk dalam urutan 10 gunung tertinggi di Indonesia

Urutan gunung tertinggi di Indonesia pada posisi keempat adalah Gunung Kerinci di Jambi, Sumatera Barat. Gunung Kerinci adalah gunung yang terletak di perbatasan antara Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi yang masuk dalam pengunungan Bukit Barisan. 

Gunung Kerinci yang memiliki ketinggiam 3.805 mdpl. Lokasi Gunung Kerinci berada di perbatasan antara Sumatera Barat dan Jambi.

Gunung Kerinci terletak di Taman Nasional Kerinci Seblat yang juga menjadi taman nasional terbesar di Indonesia yang menjadi habitat Harimau Sumatera dan Badak Sumatera. 

Baca Juga: Inilah Gunung-Gunung Berapi Paling Aktif di Indonesia, Paling Banyak di Jawa

Salah satu Seven Summit Indonesia ini telah ditetapkan sebagai World Heritage Site dengan kategori Tropical Rainforest Heritage of Sumatra.

Selain itu, Gunung Kerinci juga menyandang status sebagai gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara. Jalur pendakian Gunung Kerinci dimulai dari pintu Rimba yang berada di batas ladang dan hutan heterogen. 

Untuk sampai ke puncak Gunung Kerinci, pendaki harus melewati pos akhir bernama Tugu Yudha dengan kondisi jalur pendakian yang beragam, mulai dari medan yang landai sampai bekas aliran air yang sulit dilalui jika turun hujan.

Baca Juga: Kini Statusnya Awas, Ini Catatan Erupsi Gunung Semeru dari Tahun ke Tahun

5. Gunung Rinjani – NTB

Gunung Rinjani Lombok Indonesia masuk dalam urutan 10 gunung tertinggi di Indonesia

Urutan gunung tertinggi di Indonesia di posisi ke-5 adalah Gunung Rinjani. Gunung Rinjani adalah gunung berapi yang berada pada ketinggian 3.726 mdpl di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Gunung Rinjani menjadi gunung berapi aktif kedua tertinggi di Indonesia. Salah satu daya tarik Gunung Rinjani adalah danau kaldera yang berada di puncaknya.

Untuk mencapai puncak tertinggi di Indonesia ini kita bisa melewati dua jalur pendakian, yakni dari Sembalun dan Senaru.

Selain masuk 10 gunung tertinggi di Indonesia, gunung Rinjani juga merupakan gunung vulkanik ke-2 tertinggi di Indonesia yang sangat indah. 

Baca Juga: Tak Ada di Negara Lain, Ini Dia 5 Jenis Teh Asli Indonesia yang Bisa Anda Coba

6. Gunung Semeru – Jawa Timur

Urutan gunung tertinggi di Indonesia di posisi keenam adalah Gunung Semeru.

Selanjutnya, urutan gunung tertinggi di Indonesia di posisi keenam adalah Gunung Semeru. Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 mdpl dan terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur. 

Gunung Semeru berada di bawah pengawasan administrasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Daya tarik utama Gunung Semeru adalah karakteristik medannya yang bervariasi. 

Baca Juga: 8 Drama Korea Terbaru di Netflix Oktober 2022, The Queen's Umbrella Tayang Hari Ini!

Kita dapat menemukan lanskap padang sabana, hutan cemara, danau gunung, hingga hutan montana dalam perjalanan menuju puncak Gunung Semeru.

Gunung Semeru adalah salah satu gunung aktif di Indonesia, sehingga kurang lebih 20 menit sekali kawahnya mengeluarkan abu vulkanik. 

Kawasan gunung Semeru memiliki kawah bernama Jonggring Saloko yang memiliki gas beracun di puncaknya. 

Baca Juga: 13 Tempat Wisata di Bandung Terbaru untuk Libur Panjang dan Akhir Pekan

7. Gunung Sanggar – NTB

Gunung Sanggar adalah salah satu urutan gunung tertinggi di Indonesia yang masih berada di kawasan yang sama dengan gunung Rinjani.

Gunung Sanggar memiliki ketinggian 3.492 mdpl dan masuk dalam daftar 10 gunung tertinggi di Indonesia. Meskipun tidak sepopuler gunung Rinjani, tetapi gunung Sanggar juga menyuguhkan pesona alam yang tidak kalah menakjubkan. 

Baca Juga: Menilik Desa Wisata Taro, Surga Tersembunyi di Gianyar Pemenang BCA Desa Wisata Award

8. Gunung Rantemario – Sulawesi Selatan

Gunung tertinggi kedelapan di Indonesia adalah Gunung Rantemario. Gunung Rantemareo terletak di pegunungan Latimojong di Barat Sulawesi Selatan wilayah Tana Toraja. 

Gunung Rantemario memiliki puncak yang datar, itulah sebabnya diberi nama rante dan mario yang berarti tenang dan datar. 

Gunung Rantemario berada tidak jauh dari jalan Makasar yang merupakan jalur ramai bagi pendaki, hanya saja jalur pendakian untuk sampai ke puncak lah yang lumayan sulit.

Baca Juga: Status Gunung Anak Krakatau Naik Menjadi Siaga

9. Gunung Rantekombola – Sulawesi Selatan

Gunung Rantekombola yang juga populer dengan nama Bulu Rantekombola terletak di Sulawesi Selatan dengan ketinggian 3.455 mdpl. 

Gunung Rantekombola masuk dalam urutan 10 gunung tertinggi di Indonesia. Para pendaki yang berhasil menaklukan gunung ini akan disuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan dan merasa seperti di negeri di atas awan. 

Baca Juga: Dengar Suara Dentuman Keras, Warga Lereng Gunung Semeru Berhamburan

10. Gunung Slamet

Terakhir, gunung yang masuk dalam 10 urutan gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Slamet di Jawa Tengah.

Terakhir, gunung yang masuk dalam 10 urutan gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Slamet di Jawa Tengah. Ketinggian Gunung Slamet adalah 3.428 mdpl.

Gunung Slamet tepatnya berada di 5 kabupaten di Jawa Tengah, yakni Kabupaten Pemalang, Tegal, Purbalingga, Banyumas, dan Brebes. 

Gunung Slamet memiliki kawah yang masih aktif sampai sekarang bernama Kawah IV Slamet. Kawasan gunung Slamet dikellingi oleh hutan Montana, Hutan Dipterokarp Ata, Hutan Dipterokrap Bukit, dan Hutan Gunung atau Ericaceous

Nah, itulah urutan 10 gunung tertinggi di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru