Waspada, Ini 10 Kota dengan Tingkat Pembunuhan Tertinggi di Dunia

Minggu, 08 September 2024 | 11:30 WIB   Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo
Waspada, Ini 10 Kota dengan Tingkat Pembunuhan Tertinggi di Dunia

ILUSTRASI. Seorang tentara berdiri di dekat petugas polisi yang menjaga tempat kejadian kejahatan setelah upaya pembunuhan terhadap kepala polisi Kota Meksiko Omar Garcia Harfuch, di lingkungan kelas atas Lomas de Chapultepec, di Mexico City, Meksiko 26 Juni 2020. REUTERS / Luis Cortes


TRAVEL - Kota-kota di kawasan Amerika Latin masih mendominasi daftar teratas kota dengan angka pembunuhan per kapita tertinggi di dunia tahun 2024.

Tingginya angka pembunuhan di kota-kota tersebut berbanding lurus dengan tingginya angka kriminalitas di kota tersebut. Kawasan Amerika Latin jadi tempat subur bagi kelompok pengedar narkoba untuk tumbuh dan berkembang.

Bersamaan dengan itu, masalah ekonomi dan politik juga berkontribusi terhadap tingkat kekerasan dan pembunuhan yang ekstrem. Hasilnya, kota-kota berikut ini menjadi tempat paling berbahaya untuk ditinggali atau dikunjungi.

Daftar 10 kita dengan angka pembunuhan per kapita berikut ini didasarkan pada tingkat kejahatan yang dilaporkan oleh berbagai sumber. Berikut adalah detailnya:

Baca Juga: Ini Dia 10 Negara dengan Populasi Terkecil di Dunia

10. Natal, Brasil

Kota Natal di Brasil sebenarnya merupakan kota tujuan wisata yang populer. Sayangnya, kota dengan jumlah penduduk 1,35 juta orang ini memiliki memiliki tingkat pembunuhan 75 per 100.000 penduduk.

Tingginya angka kejahatan disebabkan oleh faktor kemiskinan, serta keributan antara geng dan kelompok narapidana.

9. Ciudad Guayana, Venezuela

Kota berikutnya adalah Ciudad Guayana di Venezuela. Mengutip Insider Monkey, kota ini memiliki tingkat pembunuhan 78 per 100.000 orang. Populasi kota Ciudad Guayana sekitar 758.500 jiwa.

Kota ini diramaikan dengan aksi kekerasan, termasuk pemerkosaan, pembunuhan, dan pelecehan seksual, sebagian besar disebabkan oleh geng terorganisir dan kesulitan ekonomi.

8. Irapuato, Meksiko

Tingkat pembunuhan di Irapuato mencapai 81 per 100.000 penduduk. Kota kecil ini memiliki populasi kurang dari 900.000 jiwa.

Aksi kekerasan tersebut terutama disebabkan oleh perang wilayah antara Kartel Santa Rosa de Lima dan Kartel Generasi Baru Jalisco.

Baca Juga: Ini 10 Kota di Dunia yang Tidak Ramah untuk Turis

7. Ciudad Victoria, Meksiko

Kota berbahaya berikutnya adalah Ciudad Victoria di Meksiko. Dengan populasi 349.688 jiwa, kota ini mencatat tingkat pembunuhan sebesar 86 per 100.000 penduduk.

Ciudad Victoria menjadi kota paling berbahaya di Meksiko karena adanya permusuhan antara kelompok kriminal dan penegak hukum, serta persaingan kartel narkoba.

6. St. Louis Missouri, Amerika Serikat

Kota St. Louis di negara bagian Missouri, Amerika Serikat, juga jadi kawasan dengan tingkat pembunuhan tertinggi. Menurut World Atlas, tingkat pembunuhan di St. Louis adalah 87,83 per 100.000 penduduk, dengan jumlah populasi hanya 300.576 jiwa.

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru