Meski sudah divaksin, Ini 5 tanda jika tetap terinfeksi virus corona

Rabu, 21 April 2021 | 21:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Meski sudah divaksin, Ini 5 tanda jika tetap terinfeksi virus corona


KESEHATAN - Seiring berjalannya waktu, ada semakin banyak orang yang mendapat vaksin Covid-19. Meski demikian, hal itu tidak menandakan Anda bebas melakukan apa saja. Anda tetap perlu menerapkan protokol kesehatan supaya terhindar dari infeksi virus corona.

Anda masih bisa terinfeksi virus corona meski sudah divaksin. Hal itu terjadi karena vaksin bertugas untuk melemahkan virus, bukan menghindarkan tubuh dari infeksi secara menyeluruh. Maka dari itu, Anda tetap perlu waspada.

Beberapa hal berikut adalah tanda tubuh Anda terinfeksi virus corona. Jika Anda mengalaminya, jangan ragu untuk segera menghubungi tenaga kesehatan. Dengan begitu, gejala berikut bisa teratasi dengan baik dan kondisi kesehatan Anda bisa tetap terjaga.

Demam

Mengutip dari Eatthis.com, demam adalah salah satu gejala Covid-19 yang paling sering dialami oleh pasien. Sebanyak 87,9% pasien Covid-19 melaporkan mengalami gejala itu saat terinfeksi virus corona.

Virus tersebut dapat mengakibatkan suhu tubuh Anda mencapai 100 derajat Celcius.

Baca Juga: Bisa Anda alami, inilah 5 efek samping vaksin Covid-19

Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan jadi gejala infeksi virus corona berikutnya yang bisa Anda alami. Meski tak sebanyak demam, 5%-17,4% pasien Covid-19 pernah mengalami gejala tersebut.

Jika Anda mengalami masalah tersebut, segera periksakan diri ke dokter, ya. Meski bukan karena virus corona, sakit tenggorokan bisa jadi tanda penyakit lain.

Sakit kepala

Sakit kepala adalah salah satu gejala Covid-19.

Sama seperti demam, sakit kepala termasuk gejala Covid-19 yang dialami oleh banyak pasien. Eatthis.com mengatakan, Anda tidak boleh mengabaikan masalah kesehatan itu.

Jika sakit kepala terasa parah dan berlangsung lama, segera periksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Sebelum dan sesudah vaksinasi Covid-19, ini yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan

Kemampuan indra penciuman menurun

Apakah Anda masih bisa mencium aroma menyengat dari benda-benda yang ada di sekitar Anda? Jika tidak, bisa jadi kondisi itu adalah tanda infeksi virus corona.

Selain menurunkan kemampuan indra penciuman, Covid-19 juga berpengaruh pada indra pencecap Anda.

Batuk

Batuk bisa menandakan adanya infeksi virus corona pada tubuh Anda. Dari laporan yang dimiliki WHO, 66,7% pasien Covid-19 mengalami batuk kering dan 33.4% pasien Covid-19 mengalami batuk berdahak.

Selanjutnya: Jangan meremehkan, kasus Covid-19 di usia muda semakin banyak, jumlah kematian naik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru