4 Tanda Kulit Butuh Eksfoliasi, Tahukah Anda?

Rabu, 27 April 2022 | 14:15 WIB Sumber: HER WORLD
4 Tanda Kulit Butuh Eksfoliasi, Tahukah Anda?


KONTAN.CO.ID - Eksfoliasi adalah salah satu cara merawat kulit yang perlu dilakukan. Eksfoliasi memberikan manfaat kepada kulit untuk membersihkan sebum dan sel kulit mati yang menumpuk. Hasilnya, kulit menjadi sehat, lembab dan kenyal.

Ternyata ada tanda-tanda bahwa kulit membutuhkan eksfolasi, loh. Saat kulit memunculkan tanda tersebut, Anda harus segera melakukan eksfoliasi pada kulit wajah. Melansir dari herworld.co.id, simak penjelasan tentang tanda-tanda kulit butuh eksfoliasi, yaitu: 

1. Muncul Bruntusan

Tanda pertama kulit butuh eksfolasi yaitu muncul bruntusan. Hal ini disebabkan bruntusan terjadi karena pori-pori wajah yang tersumbat oleh sel kulit mati.

Oleh karena itu, dengan melakukan eksfoliasi dapat membantu membersihkan pori-pori dari sebum dan kulit mati sehingga wajah Anda lebih bersih dan produksi minyak berlebih bisa diatur. Bagi Anda yang sedang bruntusan, produk gentle dengan kandungan BHA bisa Anda coba agar membersihkan kulit wajah hingga ke dalam pori. 

2. Kulit Terlihat Kusam

Tanda kulit butuh eksfoliasi selanjutnya adalah kulit terlihat kusam. Kondisi kulit wajah yang tidak bersih dan juga menumpuknya sel kulit mati di permukaan wajah. Kemudian, paparan sinar matahari secara langsung juga bisa membuat tampilan kulit semakin kusam. 

Jika Anda merasa bahwa kulit Anda terlihat kusam padahal sudah rutin dibersihkan, maka Anda perlu melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi membantu menyingkirkan kulit mati sehingga wajah bisa kembali cerah. 

Baca Juga: Promo Mister Aladin sampai 30 April 2022, Nikmati Diskon Hotel hingga Rp 500.000

3. Muncul Garis Halus

Berikutnya, muncul garis halus juga termasuk tanda kulit membutuhkan eksfoliasi. Garis halus di wajah bisa muncul di usia sebelum 40 tahun ke atas, jika Anda rutin memakai makeup padahal sel-sel kulit Anda kering dan mati, riasan wajah bisa tidak menyatu dengan permukaan kulit.

Pemakaian makeup di atas kulit akan menimbulkan lapisan, dan garis-garis halus pun mulai terlihat. Oleh karena itu, Anda bisa mengatasi hal ini dengan melakukan eksfoliasi agar garis-garis halus pada wajah akan menjadi tersamarkan dan tidak mudah muncul. Sehingga wajah Anda juga bisa tampak lebih awet muda. 

4. Pori-Pori Terlihat Besar

Tanda kulit butuh eksfoliasi lainnya adalah pori-pori terlihat besar. Penyebab pori-pori kulit wajah besar disebabkan oleh produk minyak atau sebum yang tidak terkontrol. Pori-pori yang besar tersebut juga menjadi tempat berkumpulnya berbagai kotoran dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan juga memicu jerawat.

Dengan memunculnya tanda ini, Anda perlu melakukan eksfoliasi untuk mengatasi masalah pori-pori besar. Eksfoliasi berfungsi untuk memberishkan wajah dari minyak dan kotoran hingga ke dalam kulit. Pori-pori yang bersih dan samar juga bisa menghindari kulit dari minyak dan jerawat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru