CLOSE [X]

5 Cara mengusir semut yang aman, bisa pakai bahan alami

Rabu, 09 Desember 2020 | 09:24 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara mengusir semut yang aman, bisa pakai bahan alami

ILUSTRASI. Ada banyak cara mengusir semut yang bisa Anda coba.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keberadaan semut memang tak terlalu mengganggu, tapi jika serangga itu muncul terus-menerus, Anda tetap perlu melakukan cara untuk membasminya. Cara mengusir semut berikut ini bisa Anda praktikkan supaya lingkungan tempat tinggal Anda tetap aman dari serangan semut.

Air Sabun

Bahan pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk membasmi semut adalah air sabun. Anda bisa menggunakan sabun apa pun, salah satunya sabun cuci tangan. Aroma sabun akan menghilangkan aroma feromon yang ditinggalkan semut saat berjalan.

Melansir Healthline (healthline.com), semut akan kesulitan untuk berkomunikasi dengan kawanannya saat aroma feromon hilang. Anda bisa menyemprotkan air sabun di sepanjang jalur semut, apalagi di pintu masuk sarangnya.

Lada

Cara mengusir semut juga bisa Anda lakukan dengan memakai lada. Aroma menyengat yang keluar dari lada akan membuat semut iritasi. Cara ini perlu Anda coba karena selain efektif membasmi semut, lada juga aman untuk digunakan.

Baca Juga: Tak perlu dibunuh, ini 6 cara mengusir tikus dari rumah

Tea Tree Oil

Keberadaan semut yang mengganggu di sekitar tempat tinggal Anda juga bisa diatasi dengan memanfaatkan tea tree oil. Healthline merekomendasikan agar Anda mencampurkan lima hingga 10 tetes tea tree oil dengan dua gelas air.

Selain menyemprotkan campuran itu, Anda juga bisa meletakkan kapas yang telah diberi tea tree oil di beberapa sudut rumah Anda yang sering dilewati semut. Jika Aroma tea tree oil terlalu menyengat, Anda bisa mencampurnya dengan air dan minyak lain, seperti minyak pepermin.

Karena bisa menyebabkan efek samping, jangan lupa untuk meletakkan tea tree oil di bagian yang sulit dijangkau anak-anak. Selain itu, pastikan pula lokasi penempatan tea tree oil tidak mengganggu hewan peliharaan Anda.

Baca Juga: 5 Cara mengusir nyamuk terefektif, bisa pakai bahan alami

Ampas Kopi

Memakai ampas kopi yang sudah diseduh bisa jadi cara mengusir semut yang cukup efektif.

Selain beberapa bahan di atas, ampas kopi bisa jadi cara mengusir semut selanjutnya yang layak dicoba. Caranya, letakkan ampas kopi yang sudah diseduh di atas kardus atau papan sekali pakai. 

Tempatkan kardus atau papan tersebut di tempat yang mudah didatangi semut, misalnya di sekitar tanaman atau di bawah jendela. Karena bisa mengering, usahakan untuk mengganti ampas kopi yang telah digunakan dengan ampas kopi yang baru sampai keberadaan semut di rumah Anda berkurang.

Selanjutnya: Inilah 4 cara mengusir tawon yang bisa Anda coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru