5 Efek samping habbatussauda yang perlu Anda ketahui

Senin, 28 Juni 2021 | 12:44 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Efek samping habbatussauda yang perlu Anda ketahui


KESEHATAN - Habbatussauda atau jintan hitam adalah salah satu jenis bahan alami yang memiliki banyak manfaat, termasuk untuk kesehatan tubuh. Meski demikian, Anda tetap perlu berhati-hati terhadap efek samping habbatussauda.

Sebenarnya, mengonsumsi habbatussauda merupakan hal yang aman. Namun, saat dikonsumsi dalam jumlah atau dosis yang tidak sesuai, bahan alami itu justru mendatangkan beberapa efek samping.

Sebaiknya, selalu konsultasi dengan dokter sebelum rutin mengonsumsi habbatussauda. Tujuannya agar Anda bisa mendapat saran dosis yang sesuai. Dengan begitu, Anda tidak mengalami beberapa efek samping di bawah ini:

Alergi

Mengutip dari Stylecraze, mengonsumsi habbatussauda bisa jadi salah satu penyebab alergi. Apalagi, jika sebelumnya Anda memiliki riwayat alergi tertentu. Beberapa kondisi terkait alergi yang bisa Anda alami adalah mengi atau atau perut kram.

Baca Juga: Tidak banyak yang tahu, ini 5 manfaat habbatussauda

Thelarche prematur

Thelarche adalah maturasi payudara yang terjadi pada perempuan. Biasanya, kondisi itu terjadi saat anak-anak memasuki masa pubertas. Sayangnya, thelarche prematur bisa terjadi sebagai efek samping habbatussauda.

Menurut sebuah penelitian, perkembangan payudara bisa terjadi pada bayi perempuan berusia 12 bulan yang mengonsumsi habbatussauda 2-3 sdt per hari. Untuk menghindari hal itu, usahakan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi habbatussauda.

Menstimulasi uterus

Efek samping habbatussauda berikutnya adalah menstimulasi uterus. Artinya, wanita hamil sebaiknya tidak mengonsumsi bahan alami itu. Jika Anda memaksakan diri mengonsumsi bahan alami itu tanpa pengawasan dokter, Anda bisa melahirkan secara prematur.

Baca Juga: 5 Manfaat saffron yang bisa Anda dapat, bisa meningkatkan sistem imun tubuh

Dermatitis kontak

Salah satu efek samping habbatussauda adalah menyebabkan dermatitis kontak.

Selain beberapa efek samping yang telah disebutkan, menggunakan habbatussauda ternyata juga bisa menyebabkan dermatitis kontak, lo. Dermatitis kontak adalah kondisi di mana kulit meradang sehingga muncul ruam kemerahan. Rasa gatal pun dapat Anda rasakan.

Phytophotodermatitis

Tak hanya menyebabkan dermatitis kontak, penggunaan habbatussauda pun dapat menyebabkan seseorang mengalami phytophotodermatitis. Phytophotodermatitis adalah salah satu masalah kulit yang terjadi akibat reaksi senyawa dalam tumbuhan dengan sinar matahari.

Ruam biasanya muncul dengan warna kemerahan dan muncul rasa sakit. Jika terus dibiarkan, phytophotodermatitis bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lain, seperti demam, sakit kepala, dan menggigil.

Jika Anda mengalami hal itu, segera periksakan diri ke dokter.

Selanjutnya: Ingin punya berat badan ideal? Jintan hitam berkhasiat untuk menurunkan berat badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru