5 Khasiat kunyit ini tak boleh Anda lewatkan, apa saja?

Sabtu, 15 Mei 2021 | 08:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Khasiat kunyit ini tak boleh Anda lewatkan, apa saja?


KESEHATAN - JAKARTA. Ada banyak khasiat kunyit yang bisa Anda dapat. Mulai dari pewarna alami, menambah cita rasa makanan, hingga menjaga kesehatan tubuh Anda.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi kunyit secara rutin. Selain menggunakan kunyit secara langsung, jenis rempah itu juga bisa Anda konsumsi dalam bentuk suplemen. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen tersebut, ya.

Tujuannya agar Anda bisa mengonsumsi dosis yang tepat sehingga tidak ada efek samping yang muncul. Dengan jumlah konsumsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, manfaat kunyit berikut ini bisa dirasakan oleh tubuh Anda.

Menurunkan Risiko Penyakit

Mengutip dari Good Housekeeping (goodhousekeeping.com), kandungan kunyit mampu menurunkan risiko berbagai macam penyakit. Misalnya, serangan jantung dan diabetes tipe dua.

Tidak hanya itu, kunyit juga mampu menurunkan risiko pertumbuhan sel kanker. Jadi, ada baiknya bagi Anda untuk mengonsumsi jenis rempah itu secara rutin.

Baca Juga: Rempah-rempah yang bermanfaat mengobati asam lambung

Mengandung Antioksidan

Pola hidup yang kurang sehat dapat memicu berbagai macam inflamasi dalam tubuh Anda. Mulai dari kebiasaan merokok, intensitas olahraga yang Anda jalani, hingga kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi lemak, garam, dan gula.

Saat inflamasi terjadi, kondisi pembuluh darah dan bagian tubuh yang lain rentan mengalami gangguan. Untuk menghindari hal itu, Anda bisa memanfaatkan kunyit. Khasiat kunyit itu berasal dari banyaknya antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Menjaga Kesehatan Kulit

Melansir Good Housekeeping, para peneliti mengatakan bahwa salah satu kegunaan kunyit adalah menjaga kesehatan kulit. Namun, dosis, cara kerja, dan jenis penyakit kulit seperti apa yang bisa disembuhkan oleh kunyit belum bisa ditentukan secara pasti.

Jika Anda ingin mengobati masalah kulit yang Anda alami dengan kunyit, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter bisa membantu Anda untuk menentukan bagaimana sebaiknya masalah kulit Anda diselesaikan.

Meredakan Rasa Sakit

Khasiat kunyit berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah jenis rempah itu mampu meredakan rasa sakit. Menurut beberapa penelitian, kandungan yang terdapat dalam kunyit efektif meredakan sakit akibat radang usus dan artritis.

Bila Anda ingin beralih dari obat yang dijual di apotek ke obat herbal seperti kunyit, jangan lupa untuk melakukan konsultasi dengan dokter, ya. Dengan begitu, kondisi Anda bisa lebih terjaga sehingga tidak ada efek samping yang muncul.

Baca Juga: 7 Manfaat temulawak untuk kesehatan yang sudah terbukti

Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Ada banyak khasiat kunyit, salah satunya menurunkan risiko penyakit alzheimer.

Manfaat kunyit untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah penurunan kognitif, misalnya penyakit alzheimer. Kandungan dalam kunyit akan menghambat penumpukan plak yang dapat menyebabkan gangguan neurologis.

Tidak berhenti sampai di situ, mengonsumsi kunyit secara rutin dapat meningkatkan mood atau perasaan dan kemampuan memori. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan manfaat kunyit tersebut.

Selanjutnya: 11 Manfaat jahe untuk kesehatan: turunkan kadar gula darah dan kolesterol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru