5 Makanan yang mengandung asam folat ini layak Anda coba

Senin, 02 Agustus 2021 | 11:28 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Makanan yang mengandung asam folat ini layak Anda coba

ILUSTRASI. Brokoli termasuk salah satu makanan yang mengandung asam folat.


KESEHATAN - JAKARTA. Folat atau vitamin B9 adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air. Tentu saja tubuh Anda membutuhkan nutrisi itu supaya tetap sehat. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh, ada banyak pilihan makanan yang mengandung asam folat.

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi banyak makanan yang kaya folat. Alasannya karena vitamin itu baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Mengonsumsi folat juga bisa menurunkan risiko cacat lahir.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), sebaiknya konsumsi 400 mcg folat per hari. Namun, setiap orang bisa memiliki jumlah kebutuhan yang berbeda-beda. Jadi, sebaiknya tetap konsultasikan beberapa makanan ini dengan dokter supaya kebutuhan Anda terpenuhi.

Asparagus

Apakah Anda mengenal asparagus? Ternyata, jenis sayuran itu bisa jadi salah satu sumber folat, lo. Anda bisa mendapat 134 mcg folat dari mengonsumsi 90 g asparagus yang sudah dimasak. Tidak berhenti sampai di situ, asparagus juga mengandung antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasi.

Baca Juga: Makanan yang Wajib Dihindari saat Menstruasi

Brokoli

Salah satu bahan alami yang termasuk dalam daftar makanan yang mengandung asam folat adalah brokoli. Dalam 91 g brokoli mentah, terdapat 57 mcg folat. Brokoli yang sudah dimasak memiliki kandungan folat yang lebih tinggi, yaitu 84 mcg folat dalam ½ gelas brokoli matang.

Telur

Telur adalah salah satu sumber folat yang cukup mudah ditemukan. Melansir Healthline, Anda bisa mendapat 22 mcg folat dengan mengonsumsi satu butir telur berukuran besar. Angka tersebut dapat memenuhi sekitar 6% dari kebutuhan folat harian Anda.

Selain itu, masih banyak nutrisi penting lainnya yang terkandung dalam telur. Misalnya, protein, vitamin B12, riboflavin, dan lain sebagainya. Jenis makanan itu juga mengandung banyak antioksidan. Jadi, tak ada salahnya untuk memasukkan telur dan menu sehat yang Anda konsumsi sehari-hari.

Baca Juga: Kunci Ampuh Menghindari Makanan Agar Tidak Cepat Basi

Buah Sitrus

Ada banyak jenis buah sitrus yang termasuk dalam makanan yang mengandung asam folat. Contohnya, jeruk, jeruk nipis, lemon, dan jeruk bali. Tidak hanya memiliki banyak folat, buah sitrus juga dipenuhi dengan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh.

Pepaya

Pepaya termasuk dalam daftar makanan yang mengandung asam folat.

Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan asam folat, cobalah untuk rutin mengonsumsi pepaya. Dengan mengonsumsi 140 g pepaya, Anda bisa memenuhi kebutuhan folat harian sekitar 13%. Tidak hanya itu, kebutuhan tubuh akan vitamin C, antioksidan, dan kalium juga dapat terpenuhi.

Selanjutnya: 5 Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Penderita Penyakit Liver

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru