5 Manfaat buah tin, bisa jadi cara menurunkan berat badan

Senin, 26 April 2021 | 12:49 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Manfaat buah tin, bisa jadi cara menurunkan berat badan

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat manfaat buah tin dengan mengonsumsinya secara rutin. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah.

KONTAN.CO.ID - Ada banyak manfaat buah tin yang bisa Anda dapatkan. Bahkan, cara mendapatkan manfaatnya pun mudah karena jenis buah itu bisa Anda kombinasikan dengan bahan alami yang lain. Salah satunya adalah salad.

Mengutip dari NDTV Food, banyaknya serat yang terkandung dalam buah tin berpengaruh pada berat badan Anda. Dengan mengonsumsi makanan berserat, tubuh Anda menjadi tidak mudah lapar. Dengan begitu, program diet bisa berjalan lebih efektif.

Meski demikian, buah tin mengandung banyak kalori. Jadi, Anda perlu mengatur porsi buah tin yang Anda konsumsi. Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu supaya manfaat-manfaat ini bisa Anda dapat secara maksimal.

Menjaga kesehatan tulang

Manfaat buah tin lain yang bisa Anda dapatkan adalah jenis buah ini mampu menjaga kesehatan tulang Anda. Sebab, banyak kalisum yang terdapat dalam buah tin. Anda bisa mengkombinasikan buah tin dengan susu supaya kebutuhan tubuh akan kalsium terpenuhi.

Baca Juga: Sering diburu saat puasa, inilah 6 manfaat kurma untuk kesehatan

Menjaga kesehatan jantung

Tidak hanya menjaga kesehatan tulang, mengonsumsi buah tin secara rutin juga baik untuk kesehatan jantung. Kandungan antioksidan dalam buah tin mampu melawan radikal bebas sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

Dengan begitu, tekanan darah menjadi lebih terkontrol dan risiko penyakit jantung bisa Anda hindari.

Menurunkan tekanan darah

Kemampuan buah tin untuk menurunkan tekanan darah juga berasal dari kandungan kalium. NDTV Food mengatakan, Anda perlu mengonsumsi buah tin secara rutin. Apalagi, jika Anda sering mengonsumsi makanan yang dipenuhi dengan sodium.

Baca Juga: Makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan hati

Mencegah sembelit

Salah satu manfaat buah tin adalah mencegah sembelit.

Tahukah Anda bahwa salah satu manfaat buah tin adalah mencegah sembelit? Manfaat itu berasal dari tingginya kandungan serat dalam buah tin.

Dengan mengonsumsinya secara rutin, jadwal buang air besar Anda akan tetap lancar sehingga kesehatan sistem pencernaan juga terjaga.

Meredakan nyeri haid

Apakah Anda sering mengalami nyeri haid? Jika iya, cobalah untuk membiasakan diri mengonsumsi buah tin. Jenis buah itu dipenuhi dengan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk meredakan nyeri.

Tidak berhenti sampai di situ, buah tin juga bermanfaat mengatasi ketidakseimbangan hormon.

Selanjutnya: Budidaya pohon ara si pohon kehidupan (1)

Editor: Belladina Biananda
Terbaru