5 Manfaat daun sirih untuk kesehatan yang bisa Anda dapat

Rabu, 28 Juli 2021 | 08:07 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Manfaat daun sirih untuk kesehatan yang bisa Anda dapat

ILUSTRASI. Manfaat daun sirih bisa Anda dapat jika Anda menggunakannya secara rutin.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manfaat daun sirih berguna untuk kesehatan tubuh, lo. Hal itu disebabkan karena banyaknya nutrisi penting yang terkandung dalam bahan alami tersebut. Supaya manfaatnya bisa Anda dapat, cobalah untuk menggunakannya secara rutin.

Mengutip dari ETV Bharat (etvbharat.com), daun sirih mengandung vitamin A, vitamin C, fosfor, serat, air, karbohidrat, dan riboflavin. Tidak berhenti sampai di situ, daun sirih juga mengandung antioksidan, antiinflamasi, antikanker, dan lain sebagainya.

Sebelum Anda rutin menggunakan daun sirih, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter, ya. Apalagi jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus. Dengan berkonsultasi, risiko efek samping daun sirih dapat Anda hindari dan manfaat-manfaat ini bisa Anda dapat secara maksimal.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Manfaat daun sirih yang pertama adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda. Selain menyegarkan bau mulut, mengunyah daun sirih dapat mencegah infeksi bakteri atau kuman lain penyebab penyakit. Selain itu, daun sirih juga bisa menguatkan gigi dan gusi serta mencegah gusi berdarah.

Baca Juga: Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan Kulit Wajah

Mencegah Kanker

Seperti yang telah dikatakan, daun sirih mengandung antikanker sehingga efektif mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Jika Anda merasakan beberapa gejala tumor atau kanker, tak ada salahnya untuk memanfaatkan bahan alami itu. Namun, jangan lupa untuk tetap memeriksakan diri ke dokter, ya.

Mengontrol Gula Darah

Kandungan lain yang dimiliki daun sirih adalah antidiabetik. Artinya, penderita diabetes bisa mengonsumsi daun sirih secara rutin. Nutrisi-nutrisi yang terdapat dalam bahan alami itu mampu mengontrol jumlah gula darah sehingga kondisi tubuh tak memburuk.

Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat daun sirih adalah digunakan sebagai penurun berat badan.

Manfaat daun sirih berikutnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah bahan alami itu bisa jadi penurun berat badan. Alasannya karena daun sirih mengandung serat sehingga rutin mengonsumsinya bisa mengontrol berat badan Anda.

Baca Juga: 4 Efek samping daun sirih, bisa sebabkan kecanduan, lo

Mencegah Bau Badan

Apakah Anda memiliki bau badan yang kurang sedap? Jika iya, cobalah untuk menggunakan daun sirih. ETV Bharat mengatakan bahwa ekstrak daun sirih efektif mengatasi bau badan. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, rebus beberapa lembar daun sirih dalam air. Setelah mendidih, diamkan beberapa saat hingga dingin lalu gunakan untuk mandi. Jika Anda tak ingin merebusnya, Anda bisa merendam daun sirih selama beberapa saat lalu gunakan airnya untuk mandi.

Selanjutnya: 4 Manfaat lidah buaya untuk wajah, bisa jadi obat jerawat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru