O

6 Khasiat temulawak ini tak boleh Anda abaikan, apa saja?

Rabu, 05 Mei 2021 | 04:47 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Khasiat temulawak ini tak boleh Anda abaikan, apa saja?

ILUSTRASI. Ada banyak khasiat temulawak yang bisa Anda dapatkan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Temulawak adalah salah satu jenis rempah dengan segudang manfaat. Mulai dari mengatasi gangguan pencernaan, mengobati asma, dan lain sebagainya. Khasiat temulawak itu bisa Anda dapat jika Anda mengonsumsi temulawak secara rutin.

Salah satu hal penting yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi temulawak adalah bahan alami itu mampu meningkatkan nafsu makan. Mengutip dari Healthbenefitstimes.com, temulawak mempercepat proses pengosongan perut sehingga nafsu makan kembali dengan cepat.

Cobalah untuk mengkombinasikan temulawak dengan bahan alami yang lain. Usahakan untuk mengolahnya dengan cara yang sehat, ya. Dengan mengonsumsi bahan alami tersebut secara rutin, manfaat temulawak berikut ini bisa Anda dapatkan.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Ada banyak masalah pada sistem pencernaan yang bisa disembuhkan dengan temulawak. Menurut sebuah penelitian, kondisi penderita kolitis ulseratif membaik setelah mengonsumsi temulawak secara rutin. Meski demikian, Anda tetap perlu berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi bahan alami tersebut.

Baca Juga: 5 Manfaat bunga telang, cocok jadi penurun berat badan

Mengobati Gangguan Pada Liver

Ada banyak khasiat temulawak yang bisa Anda dapat. Salah satunya adalah kurkuminoid. Kandungan itu dapat mengatasi gangguan dan mencegah pembentukan lemak di liver. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan manfaat temulawak untuk kesehatan itu.

Mencegah Kemunculan Tumor

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi temulawak bisa mencegah kemunculan tumor? Melansir Healthbenefitstimes.com, kandungan dalam temulawak efektif menghambat aktivitas enzim dan senyawa lain yang mampu meningkatkan pertumbuhan sel tumor. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi temulawak secara rutin.

Mengobati Asma

Bagi penderita asma, cobalah untuk mengobatinya dengan temulawak. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, rebus ½ temulawak dalam lima gelas air. Anda bisa menambahkan sedikit gula aren untuk menambah cita rasa. Minum air rebusan itu sebanyak tiga kali dalam sehari untuk mendapat hasil maksimal.

Baca Juga: Jangan lewatkan, ini 7 manfaat tak terduga dari daun kelor

Mengobati Sakit Ginjal

Salah satu manfaat temulawak adalah mengobati sakit ginjal.

Selain mengobati asma, khasiat temulawak yang lain adalah mengobati sakit ginjal. Anda bisa mengkombinasikan temulawak dengan bahan alami lain dan mengonsumsinya secara rutin. Namun, usahakan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter, ya. Tujuannya agar tidak ada efek samping yang muncul.

Mengobati Hepatitis

Temulawak juga bisa Anda gunakan untuk mengobati hepatitis, lo. Caranya, rebus dua temulawak yang sudah dikupas dan dibersihkan dengan ½ L air. Sama dengan cara mengobati asma, Anda bisa menambahkan sedikit gula aren. Cobalah untuk mengonsumsi air rebusan itu dua kali sehari.

Selanjutnya: Sudah terbukti, ini 7 manfaat temulawak untuk kesehatan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru