6 Kondisi ini jadi gejala Covid-19, tak banyak yang menyadari

Rabu, 08 September 2021 | 18:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Kondisi ini jadi gejala Covid-19, tak banyak yang menyadari

KONTAN.CO.ID - Gejala Covid-19 yang biasa dialami oleh banyak orang adalah demam, sakit tenggorokan, dan kelelahan. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa kondisi yang tidak Anda sadari termasuk ciri-ciri virus corona?

Melansir Eatthis.com, pilek jadi salah satu kondisi yang tidak disadari oleh banyak orang sebagai tanda infeksi Covid-19. Alasannya, kondisi itu mirip dengan gejala flu atau reaksi alergi. Meski termasuk gejala ringan, Anda tetap perlu mewaspadainya.

Dengan begitu, perawatan yang tepat bisa Anda dapatkan. Memerhatikan gejala Covid-19 juga penting dilakukan supaya Anda tak menyebarkan virus ke orang lain. Nah, simak beberapa kondisi di bawah ini yang termasuk dalam ciri terinfeksi virus corona:

Nafsu makan turun

Infeksi virus corona bisa menurunkan nafsu makan seseorang. Anda perlu lebih waspada, apalagi jika fungsi indra penciuman dan indra pencecap berkurang. Usahakan untuk minum banyak air putih dan tetap mengonsumsi makanan bergizi, ya.

Baca Juga: 5 Cara menyehatkan tubuh setelah terinfeksi Covid-19

Konjungtivitis

Konjungtivitas juga bisa jadi salah satu gejala Covid-19 yang tak disadari oleh banyak orang. Ada banyak orang yang mengabaikan kondisi itu karena mengira permasalah pada mata disebabkan oleh alergi, paparan polusi, atau faktor selain Covid-19.

Diare

Tahukah Anda bahwa infeksi virus corona bisa ditandai dengan diare? Selain diare, Anda juga berisiko sering mengalami mual.

Jadi, jangan ragu untuk melakukan tes Covid-19, apalagi Anda baru saja ke tempat umum atau melakukan kontak dekat dengan pasien positif Covid-19.

Ruam

Ruam jadi gejala berikutnya yang bisa muncul akibat virus corona. Mengutip dari Eatthis.com, ruam yang muncul akibat Covid-19 ditandai dengan benjolan merah yang terasa sakit dan gatal.

Jika Anda mengalami kondisi itu, jangan ragu untuk mengonsultasikannya ke dokter, ya.

Baca Juga: Kenali sederet gejala covid 19 pada orang yang sudah divaksin lengkap

Batuk kering

Gejala Covid-19 yang tidak disadari oleh banyak orang adalah batuk kering.

Batuk merepukan mekanisme alami tubuh ketika ada benda asing yang menginfeksi. Nah, Covid-19 menyebabkan penderitanya mengalami batuk kering. Sayanganya, tak banyak yang menyadari masalah tersebut.

Pelupa

Ciri-ciri virus corona lainnya yang sebaiknya tak Anda abaikan adalah pelupa. Jika terus dibiarkan, kondisi itu bisa menyebabkan kondisi yang lebih parah. Risiko depresi, insomnia, penuaan otak, dan penurunan kognitif lain semakin meningkat.

Selanjutnya: Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Setelah Vaksinasi Covid-19

Editor: Belladina Biananda
Terbaru