6 Makanan Mengandung Vitamin K beserta Fungsi untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 18 Januari 2024 | 10:57 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
6 Makanan Mengandung Vitamin K beserta Fungsi untuk Kesehatan Tubuh

ILUSTRASI. 6 Makanan Mengandung Vitamin K beserta Fungsi untuk Kesehatan Tubuh


KESEHATAN - JAKARTA. Simak daftar makanan mengandung vitamin K dan pentingnya untuk tubuh. Kebutuhan akan vitamin yang larut dalam lemak tentu baik untuk kesehatan tubuh.

Vitamin K merupakan kelompok vitamin larut lemak yang memiliki peran penting dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang.

Jenis Vitamin ini ditemukan di seluruh tubuh termasuk hati, otak, jantung, pankreas, dan tulang. Ini dipecah dengan sangat cepat dan dikeluarkan melalui urin atau tinja.

Oleh karena itu, vitamin ini jarang mencapai tingkat toksik dalam tubuh bahkan dengan asupan tinggi, seperti yang terkadang terjadi pada vitamin larut lemak lainnya.

Baca Juga: Catat 7 Daftar Makanan Tinggi Vitamin dan Mineral untuk Kesehatan Gigi

Jenis vitamin K

Sayuran berdaun hijau

Ada dua bentuk utama vitamin K yang dikenal, yaitu K1 (filokinon) dan K2 (menakinon).

  • Vitamin K1 (Filokinon): Ditemukan dalam makanan tumbuhan, terutama dalam sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kol. Vitamin K1 memiliki peran utama dalam pembekuan darah, membantu dalam sintesis faktor pembekuan darah yang diperlukan untuk menghentikan perdarahan.
  • Vitamin K2 (Menakinon): Ditemukan dalam makanan dari sumber hewani dan bakteri dalam usus manusia. Produk fermentasi, seperti natto (makanan Jepang dari kedelai fermentasi), keju, dan kuning telur, merupakan sumber vitamin K2 yang signifikan. Vitamin K2 memiliki peran dalam mengatur distribusi kalsium dalam tubuh, terutama dalam pembentukan dan kesehatan tulang.

Peran utama vitamin K dalam tubuh adalah:

  • Pembekuan Darah: Vitamin K membantu dalam pembentukan beberapa faktor pembekuan darah yang diperlukan untuk proses koagulasi.
  • Metabolisme Tulang: Vitamin K terlibat dalam pengaturan keseimbangan kalsium dalam tulang dan jaringan lainnya, yang mendukung kesehatan tulang.
  • Kesehatan jantung: Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin K juga dapat memiliki peran dalam kesehatan kardiovaskular dan mengatur proses inflamasi.

Baca Juga: Pola Makan Terlarang Bagi Usia 50 Tahun ke Atas, Bisa Berakibat Fatal

Tanda kekurangan vitamin K

Defisiensi vitamin K pada orang dewasa jarang terjadi, namun dapat terjadi pada orang yang mengonsumsi obat yang menghambat metabolisme vitamin K seperti antibiotik, atau pada mereka yang memiliki kondisi yang menyebabkan malabsorpsi makanan dan nutrisi.

Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan gangguan pembekuan darah yang dapat meningkatkan risiko perdarahan. Namun, kekurangan vitamin K relatif jarang terjadi, terutama jika seseorang memiliki pola makan seimbang.

Kekurangan vitamin K juga mungkin terjadi pada bayi baru lahir karena vitamin K tidak melewati plasenta, dan ASI mengandung jumlah yang sedikit.

Terbatasnya jumlah protein pembekuan darah saat lahir meningkatkan risiko perdarahan pada bayi jika tidak diberikan suplemen vitamin K.

Untuk itu, Anda bisa memprtimbangkan pola makan seimbang dari makanan berwarna hijau berikut ini. Cek daftar makanan mengandung vitamin K yang baik untuk kesehatan dirangkum dari laman Harvard Edu.

Makanan mengandung vitamin K

1. Sayuran Hijau

Bayam kaya akan vitamin K1, yang berperan penting dalam pembekuan darah dan kesehatan tulang. Selain vitamin K, brokoli juga mengandung senyawa sulforaphane yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Sumber vitamin K yang baik, membantu menjaga kesehatan tulang dan mendukung pembekuan darah yang normal. Sayuran ini mendukung kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh.

2. Sayuran Berwarna Hijau Tua

Selain sayuran di atas kubis juga mengandung vitamin K dan C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Anda juga bisa mendapatkan sumber vitamin K yang membantu menjaga kesehatan tulang dan fungsi sel darah.

3. Sayuran Berwarna Hijau Muda

Selada romaine jaya akan vitamin K dan serat, membantu pencernaan dan kesehatan jantung. Selain itu, ada Asparagus meskipun mengandung jumlah vitamin K yang lebih rendah, tetapi memberikan kontribusi dalam mendukung kesehatan darah dan tulang.

4. Sayuran Berwarna Hijau Kuning

Kubis Brussels mengandung vitamin K dan serat, membantu dalam pembekuan darah dan pencernaan. Sumber vitamin K yang mendukung kesehatan tulang dan pembekuan darah.

5. Buah-Buahan

Anda bisa memilih buah Kiwi meski jumlahnya tidak signifikan, namun buah ini mengandung vitamin K yang membantu fungsi pembekuan darah.

Pilihan lain ada buah Blueberry meski jumlahnya terbatas, blueberry menyumbangkan beberapa vitamin K bersama dengan antioksidan.

6. Makanan fermentasi

Nah, kebutuhan akan vitamin K2 atau Menakinon dapat ditemukan pada sumber hewani dan bakteri dalam usus manusia. Anda juga bisa konsumsi Natto yang merupakan salah satu makanan viral dari biji kedelai yang difermentasi.

Penting untuk mencatat bahwa vitamin K terdapat dalam dua bentuk utama, yaitu K1 dan K2. K1 banyak ditemukan dalam sayuran hijau, sedangkan K2 dapat ditemukan dalam produk fermentasi, 

Demikian penjelasan terkait makanan mengandung vitamin K, fungsi, dan tanda kekurangan pada tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru