7 Cara mencegah ular masuk rumah, ampuh dan sederhana

Sabtu, 18 Juli 2020 | 06:10 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
7 Cara mencegah ular masuk rumah, ampuh dan sederhana

ILUSTRASI. 7 Cara mencegah ular masuk rumah yang ampuh dan sederhana. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjadi salah satu binatang paling ditakuti, ular banyak dihindari dan sebisa mungkin dicegah agar tidak masuk ke lingkungan rumah.

Ada berbagai cara mencegah ular masuk rumah, mulai dari menaburkan garam hingga memanggil pawang ular untuk mencari ular beserta sarangnya. Menabur garam di sekitar rumah menjadi cara mencegah ular masuk rumah yang paling umum diterapkan. Tetapi hal tersebut sebenarnya tidak efektif karena ular tidak takut dengan garam. 

Meminta bantuan pawang ular juga tidak seberapa efektif karena selain membutuhkan uang, potensi ular untuk kembali ke rumah juga cukup besar.

Dilansir dari Tribun Jogja (01/20), ada beberapa cara mencegah ular masuk rumah yang efektif, mudah, dan sederhana. Berikut cara-cara yang bisa Anda coba untuk mencegah ular mengunjungi rumah Anda.

  • Membersihkan rumah dan halaman

Untuk mencegah ular masuk rumah, hal yang perlu Anda perhatikan adalah kebersihan rumah. Jangan biarkan rumah Anda penuh dengan barang-barang yang berserakan. Tata barang Anda agar terlihat rapi, serta bersihkan rumah setiap hari. Jangan lupa sapu dan bersihkan halaman rumah atau kebun Anda. Ular biasanya membuat sarang di tempat-tempat yang berantakan, sehingga rumah dan halaman yang bersih tidak akan "dipilih" ular untuk bersarang.

  • Basmi segala macam makanan ular

Jika rumah dan halaman Anda bersih, secara tidak langsung Anda sudah melakukan dua cara agar ular tidak masuk rumah. Tikus-tikus, yang merupakan makanan ular, dengan sendirinya akan pergi jika rumah Anda tertata rapi dan bersih. Selain tikus, bersihkan halaman dan rumah dari serangga-serangga kecil serta kodok. Jika tidak ada sumber makanan, ular tidak akan datang kerumah Anda.

  • Rapikan pohon yang ada di sekitar rumah

Dahan pohon yang terlalu rimbun bisa menajdi tempat bersarang ular hijau. Ular jenis ini adalah salah satu jenis ular dengan bisa yang berbahaya. Cara mencegah ular masuk rumah berikutnya adalah merapikan dahan pohon yang terlalu rimbun. Anda tidak perlu memotong habis pohon yang ada disekitar rumah Anda, cukup rapikan dahan-dahan agar tidak terlalu lebat. Setelah dipotong, jangan lupa bersihkan sisa-sisa daun dan buang di tempat sampah.

  • Menebar bebatuan di sekitar rumah

Ular tidak suka melata dipermukaan yang tidak rata seperti di bebatuan atau permukaan kayu yang kasar. Sebarkan kerikil-kerikil di sekitar rumah atau halaman Anda. Ular akan menghindari kerikil-kerikil tersebut dan menghindari area rumah Anda.

  • Menutup lubang-lubang

Ular-ular yang sering muncul di dalam rumah biasanya muncul melalui saluran air. Cara mencegah ular masuk rumah berikutnya adalah menutup segala lubang pembuangan, seperti lubang air di kamar mandi, tempat cuci piring dan wastafel. Selain lubang pembuangan air, periksa juga dinding, jendela dan pintu Anda. Segera tutup atau tambal lubang di tembok dan pintu, agar ular tidak dapat masuk ke rumah.

  • Menjaga ruangan atau rumah agar tidak lembab

Ular senang dengan lingkungan yang lembab. Mencegah ruangan dan rumah dari kelembaban bisa mencegah ular masuk ke rumah Anda. Bersihkan rumah Anda dan pastikan sirkulasi udara rumah Anda cukup bagus. Gunakan kapur barus untuk membantu mengurangi kelembaban rumah Anda.

  • Memberikan wangi-wangian 

Selain menaruh kapur barus, menggunakan wangi-wangian bisa menjadi cara mencegah ular masuk rumah yang ampuh. Gunakan minyak cengkeh atau minyak kayu manis, dan taruh di tempat biasa ular muncul dan masuk ke rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru