Anda bisa mengalami, kenali gejala dan penyebab gagal ginjal

Kamis, 11 Maret 2021 | 21:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Anda bisa mengalami, kenali gejala dan penyebab gagal ginjal


KESEHATAN - Gagal ginjal adalah kondisi di mana ginjal tidak mampu menyaring dan mengontrol cairan dalam tubuh. Untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan, Anda perlu mengetahui penyebab gagal ginjal dan gejala gagal ginjal.

Sebab, penyakit gagal ginjal semakin parah seiring berjalannya waktu atau secara tiba-tiba. 

Mengutip dari Better Health, fungsi ginjal bisa menurun hingga 90%. Saat tingkat keparahan melebihi angka 40%, kondisi itu bisa dikatakan sebagai gagal ginjal kronis. Kondisi itu bisa semakin parah karena beberapa faktor.

Mulai dari obesitas, diabetes, hipertensi atau tekanan darah tinggi, kecelakaan, hingga kebiasaan merokok.

Selain gagal ginjal kronis, Anda pun dapat mengalami gagal ginjal akut. Kondisi itu terjadi saat fungsi ginjal menurun secara tiba-tiba.

Penyebab gagal ginjal

Selain diabetes dan hipertensi, masih banyak penyebab gagal ginjal lainnya yang bisa Anda alami. Misalnya, penyakit ginjal atau masalah pada saluran kemih. Tidak hanya itu, beberapa jenis obat juga bisa membuat fungsi ginjal Anda menurun, lo.

Jenis obat antiinflamasi nonsteroid bisa menyebabkan gagal ginjal akut. Sedangkan penggunaan obat-obatan dengan kandungan analgesik yang tidak benar dapat mengakibatkan kerusakan ginjal secara permanen.

Baca Juga: Hati-hati, 7 minuman ini bisa berakibat buruk bagi tubuh

Baca Juga: Ini efek samping dan manfaat binahong untuk kesehatan tubuh

Ciri-ciri gagal ginjal

Supaya Anda bisa mencari pertolongan yang tepat dan cepat, Anda perlu mewaspadai gejala gagal ginjal yang Anda alami. Melansir Better Health, ada beberapa ciri gagal ginjal yang umum dialami oleh seseorang.

Mulai dari kehilangan nafsu makan, sulit tidur, sakit kepala, sesak napas, sulit berkonsentrasi, mual, muntah, dan tekanan darah tinggi. Selain itu, frekuensi buang air kecil pun meningkat. Urin yang Anda keluarkan tidak jarang berwarna merah karena bercampur dengan darah.

Jika Anda mengalami gejala-gejala itu, usahakan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Anda perlu melalui beberapa jenis pemeriksaan supaya dokter bisa menentukan perawatan apa yang sesuai dengan kondisi Anda.

Perawatan gagal ginjal

Setelah melewati beberapa pemeriksaan, Anda perlu melalui beberapa jenis perawatan supaya kondisi kesehatan Anda tak semakin parah. Jenis pengobatan gagal ginjal meliputi dialisis, transplantasi ginjal, dan pengobatan non dialisis.

Gagal ginjal dan dialisis diperlukan saat fungsi ginjal Anda berada di bawah 10%. Sedangkan pengobatan non dialisis dilakukan tetap dengan pengawasan dokter. Nantinya, Anda perlu mengonsumsi obat ginjal dan melakukan berbagai hal sesuai dengan intruksi dokter.

Selanjutnya: Darah tinggi, kenali komplikasi dan penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru