Anda Pecinta Kucing, Ketahui Rata-Rata Lama Hidupnya

Rabu, 04 Mei 2022 | 06:30 WIB Sumber: Catster
Anda Pecinta Kucing, Ketahui Rata-Rata Lama Hidupnya


KONTAN.CO.ID - Keinginan setiap pemilik kucing peliharaan adalah hidup selama mungkin dengan kucing kesayangannya. Sayangnya, hal ini sulit diwujudkan karena kucing memiliki batas umur yang lebih pendek daripada manusia.

Jika manusia dapat hidup hingga 70 tahun ke atas, rata-rata umur kucing dapat berusia hingga 10 sampai 20 tahun. Kendati demikian, kucing juga memiliki beberapa tahapan kehidupan mulai dari anak-anak (usia lahir hingga 1 tahun), dewasa muda atau remaja (usia 1 hingga 6 tahun), dewasa ( usia 7 hingga 10 tahun), dan usia tua ( lebih dari 10 tahun).

Baca Juga: Waspada! Jamur Kulit pada Kucing Bisa Menulari Manusia

Rata-rata umur ini tentu memiliki faktor-faktor yang mempengaruhinya. Beberapa faktor yang membuat kucing dapat berumur panjang, seperti perawatan kesehatan, diet, lingkungan, dan pola makannya. Kucing yang dikebiri atau disterilkan juga cenderung hidup lebih lama karena proses sterilisasi dapat mencegah penyakit reproduksi dan kucing lebih tenang. Kucing yang melakukan diet terhadap pola makannya juga cenderung lebih sehat sehingga terhindar dari penyakit obesitas.

Dilansir dari Catster, penelitian menunjukkan bahwa kucing ras campuran secara umum lebih tangguh dan hidup lebih lama daripada kucing ras. Faktor kelamin juga mempengaruhi umur. Kucing betina dapat hidup satu hingga dua tahun lebih lama daripada kucing jantan.

Baca Juga: Khawatir Kucing Peliharaan Doyan Makan Brokoli? Simak Penjelasan Ini

Kemudian menurut faktor tempat tinggalnya, kucing rumahan dapat hidup tiga kali lebih lama dari kucing liar. Sebab, kucing rumahan lebih banyak mendapat perhatian kesehatan dan asupan makanan yang bernutrisi daripada kucing liar yang tak pernah memperhatikan hal itu. Kucing rumahan umumnya dapat hidup 14 hingga 20 tahun.

Sementara itu, kucing liar hanya dapat bertahan mulai dari 3 hingga 10 tahun. Ini disebabkan oleh risiko-risiko yang mereka hadapi selama hidup bebas di luar ruangan yang berbahaya.  Risiko tersebut dapat berupa penyakit kulit, penyakit pencernaan, perkelahian, hingga kecelakaan.

Saat Anda memiliki seekor kucing peliharaan yang sangat disayangi, harapan hidupnya pasti sangat berarti bagi Anda. Anda perlu memperhatikan setiap kondisi kesehatannya dan memberinya kasih sayang supaya kelangsungan hidupnya dapat berumur panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru